DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 13:39 WIB

Mahfud Md: Pemilu Jadi Ajang Permusuhan

Sudirman Wamad - detikNews
Mahfud Md: Pemilu Jadi Ajang Permusuhan Mahfud Md (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Rombongan jelajah kebangsaan yang dipimpin mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md menggelar dialog kebangsaan di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat. Gagasan munculnya agenda jelajah kebangsaan itu berasal dari fenomena menjelang Pemilu 2019.

Mahfud menilai tak sedikit masalah muncul menjelang pesta demokrasi lima tahunan itu. Bahkan, menurut Mahfud, Pemilu seakan-akan menjadi medan permusuhan antara sejumlah golongan.

"Ini muncul karena kesadaran kita bahwa adanya masalah menjelang Pemilu. Ada perpecahan antar ikatan primordial, memakai politik identitas, pemilu jadi ajang permusuhan, bukan untuk mencari pemimpin," ucap Mahfud usai memberikan materi dalam dialog kebangsaan bertema 'Merawat Moderasi Beragama' di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/2/2019).

Akibatnya, kata dia, muncul ketegangan di masyarakat menjelang Pilpres 2019. "Kita ini muncul untuk meredam ketegangan yang ada di masyarakat," ucapnya.

Mahfud tak menampik tak sedikit pertengkaran terjadi lantaran berbeda pilihan capres dan cawapres. Politik identitas dan pertengkaran yang muncul antara pendukung, dikatakan Mahfud, termasuk gejala yang dapat memecah belah bangsa.

"Kami muncul agar gejala ini tidak menjadi penyakit. Ini baru gejala," kata Mahfud.


Saksikan juga video 'Sebut Jokowi Serang Pribadi Prabowo, BPN: KPU, Anda Punya Aturan!':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed