DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 17:32 WIB

Bawaslu Selidiki Video Bupati Kuningan Kutuk Kades Tak Pilih Jokowi

Sudirman Wamad - detikNews
Bawaslu Selidiki Video Bupati Kuningan Kutuk Kades Tak Pilih Jokowi Bupati Kuningan Acep Purnama (Foto: Ardan Adhi Chandra)
Kuningan - Bawaslu Kabupaten Kuningan bakal menindaklanjuti terkait viralnya video Bupati Kuningan Acep Purnama mengutuk kepala desa (kades) yang tak memilih Joko widodo.

Komisioner Bawaslu Kuningan Abdul Jalil Hermawan mengaku belum bisa memanggil secara langsung Acep Purnama. Dalam aturannya, lanjut Jalil, Bawaslu akan melakukan bebeberapa tahapan untuk menindaklanjuti video tersebut.

"Ini (video) sifatnya informasi awal. Jadi, kita akan lakukan beberapa tahapan. Pertama kita akan buat laporan pengawasannya dulu, kemudian kita akan investigasi, dan rapat komisioner," kata Jalil kepada detikcom melalui sambungam telepon, Minggu ,(17/2/2019).


Lebih lanjut, Jalil mengatakan Bawaslu memiliki waktu selama tujuh hari untuk menindaklanjuti video tersebut. Sebelum video itu viral, dikatakan Jalil, pihaknya sempat mendapat surat pemberitahuan tentang acara deklarasi Tim Akar Rumput-Kabupaten Kuningan yang mendukung Jokowi.

Namun, dalam surat itu tak tercantum nama-nama peserta atau tamu yang diundang, seperti Bupati Kuningan dan lainnya. "Iya itu benar Pak Acep Bupati Kuningan. Kejadiannya itu kemarin. Kita dapat aurat pemberitahuan acara deklarasi itu, tapi dalam suratnya itu tak dicantumkan siapa saja yang hadir," kata Jalil.

Seperti diberitakan sebelumnya, video Bupati Kuningan Acep Purnama yang mengutuk kepala desa jika tak memilih Joko Wiodo (Jokowi) viral di media sosial. Salah satunya yang diunggah oleh akun twitter @laskar_minang.
(mud/mud)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed