DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 19:54 WIB

Kapolda Jabar Ajak Masyarakat Sukabumi Jaga Keamanan Pemilu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kapolda Jabar Ajak Masyarakat Sukabumi Jaga Keamanan Pemilu Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto saat kunjungan kerja di Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto kunjungan kerja ke Palabuhanratu, Sukabumi. Di tempat itu, Agung mengajak nelayan dan seluruh elemen masyarakat Sukabumi menjaga jalannya Pemilu 2019 dengan damai.

Dalam kesempatan itu, Agung yang didampingi Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono menyerahkan bantuan asuransi gratis kepada 1.000 orang nelayan Palabubanratu.

"Saya memberikan pesan kepada nelayan juga seluruh elemen masyarakat untuk menjaga Pemilu ini dengan damai, sejuk, aman dan nyaman. Ini tentunya menjadi harapan kita semua, Jawa Barat khususnya Sukabumi adalah masyarakat yang sudah cerdas menyampaikan hak suaranya. Secara dewasa mampu mengedepankan persatuan dan kesatuan," tutur Agung didampingi Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, Sabtu (16/2/2019).


Secara khusus Agung berpesan kepada seluruh polres di Jabar untuk senantiasa mengawal gelaran pesta demokrasi tersebut. "Saya sudah perintahkan kapolres, semua harus siap untuk melayani dan melindungi masyarakat. Semua harus siap membantu masyarakat kapan pun dibutuhkan, agar proses demokrasi berjalan dengan baik," ujar Agung.

Soal jumlah personel pengamanan, Agung mengaku masih menunggu laporan resmi dari KPU terkait jumlah TPS. Sebab informasi terbaru jumlah TPS bakal bertambah, sehingga 1 TPS dipakai untuk 300 orang pemilih.

"Masih kita update karena jumlah TPS bertambah, awalnya 1 TPS 500 sekarang maksimal 300. Tapi secara umum 2/3 kekuatan kurang lebih 22 personel akan dikerahkan untuk jaga TPS . Pak Pangdam siap membackup di kabupaten dan kota, minimal 1 kompi yang melekat. Sehingga ketika ada hal yang tidak diinginkan dengan cepat Kodam akan membantu kepolisian," ucap Agung.


Terkait asuransi nelayan, Agung menambahkan, sumber bantuannya dari CSR sejumlah perusahaan. Dari target 26 ribu nelayan, untuk tahap awal ada 1.000 nelayan yang lebih dulu mendapatkan asuransi tersebut.

"Kita bekerja sama dengan CSR perusahaan polis asuransi secara gratis, untuk sekarang seribu nelayan. Yang sudah kita serahkan 26 ribu, untuk nelayan di Pantura dan Pantai Selatan. Tiap tahun kita tambah terus jumlahnya, tujuannya membantu ahli waris ketika terjadi kecelakaan," tutur Agung.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed