DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 18:10 WIB

KPU Pangandaran: 1 Caleg PKS Mengundurkan Diri

Andi Nurroni - detikNews
KPU Pangandaran: 1 Caleg PKS Mengundurkan Diri Ita Pathonah mengundurkan diri sebagai caleg di Kabupaten Pangandaran. (Foto: Andi Nurroni/detikcom)
Pangandaran - Seorang calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengundurkan diri dari proses pemilihan usai dirinya dinyatakan lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pengunduran diri disampaikan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) selaku partai pengusung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran Muhtadin menyampaikan caleg yang mengundurkan diri tercatat atas nama Ita Pathonah, berasal dari daerah pemilihan 3, meliputi Kecamatan Pangandaran dan Kalipucang.

Muhtadin menjelaskan, pengunduran diri peserta Pileg 2019 setelah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) dimungkinkan berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 31 Tahun 2018. Berdasarkan peraturan tersebut, kata Muhtadin, calon bisa mengundurkan diri jika dianggap tidak lagi memenuhi syarat.

Sejumlah hal yang membuat peserta tidak memenuhi syarat, Muhtadi menjelaskan, di antaranya jika mundur dari partai politik, meninggal dunia, terkena pidana dan pemalsuan dokumen.

"Khsusus saudari Ita ini statusnya mengundurkan diri dari partai politik," ujar Muhtadin kepada detikcom, Sabtu (16/2/2019).

Surat permohonan pengunduran diri yang bersangkutan,menurut dia, telah disampaikan oleh DPD PKS Kabupaten Pangandaran. Setelah pengunduran dirinya dikabulkan, Muhtadin menjelaskan, nama yang bersangkutan akan diumumkan di setiap TPS untuk diketahui pemilih.

"Jika pun ada yang mencoblos suara dianggap sah dan masuk ke partai pengusung," ujar Muhtadin.

Dia menegaskan pengundurkan diri Ita Pathonah merupakan yang pertama di Kabupaten Pangandaran. Dengan pengunduran diri tersebut, kata Muhtadi, total DCT menjadi 341 dari sebelumnya 342.


Simak Juga 'Duh! Ada Caleg DPR Tidak Mau Dibuka Profilnya oleh KPU':

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed