DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 13:31 WIB

Banting Motor di Masjid, Aef Ternyata Sering Ngamuk

Deden Rahadian - detikNews
Banting Motor di Masjid, Aef Ternyata Sering Ngamuk Pria banting motornya di Masjid Agung Ciawi Tasikmalaya. (Foto: tangkapan layar video viral)
Tasikmalaya - Seorang warga nekat memarkir sepeda motor di atas tangga Masjid Agung Ciawi, Tasikmalaya, Jawa Barat. Tak terima ditegur jemaah, pelaku bernama Aef Saepudin ini justru membanting dan menggulingkan motornya. Video insiden tersebut viral di media sosial. Keluarga Aef meminta maaf atas kejadian itu.

Usut punya usut, Aef ternyata alami gangguan kejiwaan yang sering kambuh. Penyakitnya semakin menjadi usai cerai dengan istrinya yang memilih jadi tenaga kerja wanita di Arab Saudi.


Sofiatul Huda, anak Aef, mengungkapkan bahwa ayahnya tersebut kerap ngamuk secara tiba-tiba saat malam hari di rumah. "Bapak saya kemarin gitu karena emosi. Tersinggung dikit, emosinya naik. Ini bukan pertama, di rumah juga meja dipecahin dan termos dibanting. Kabel tv juga digunting" ujar Sofiatul di kediamannya, Sabtu (16/2/2019).

Senada diungkapkan Iing Saepudin, keponakan Aef. Dia menjelaskan pamannya itu sejak lama gangguan kejiwaan. Bahkan, Aef pernah beberapa kali terapi pengobatan secara tradisional di Tasikmalaya dan Ciamis.

[Gambas:Video 20detik]


Sebelum insiden banting motor di masjid, Aef menghilang seharian. Keluarga mencarinya.

"Saya klarifikasi dan terangkan, Aef Saepudin alami penyakit kambuhan. Kalau lagi sehat, kayak yang sehat. Tapi kalau kambuh, ya seperti itu. Dia pergi pagi dari rumah, kami sudah cari kemana-mana, tahunya sudah ada kejadian ngamuk di Masjid Agung Ciawi. Kami mohon maaf atas nama keluarga" tutur Iing di tempat yang sama.


Insiden Aef ngamuk membanting motor itu berlangsung di Masjid Agung Ciawi, Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (14/2), pukul 18.50 WIB. Polisi yang tiba di lokasi kejadian langsung menggiring Aef.

Lelaki tersebut berbicara melantur selagi diperiksa polisi. Berdasarkan keterangan pihak keluarga, Aef gangguan jiwa. Polisi kemudian memulangkan Aef ke keluarganya. Sepeda motor milik keponakannya itu juga diserahkan ke pihak keluarga.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed