Bandung Ditargetkan Bebas Kawasan Kumuh di 2019

Tri Ispranoto - detikNews
Jumat, 15 Feb 2019 16:22 WIB
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Tahun 2019 ini, Kota Bandung ditargetkan bisa terbebas dari kawasan kumuh. Angka kawasan kumuh di Kota Bandung pun turun cukup drastis dari tahun ke tahun.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan tahun 2016 lalu kawasan kumuh di Kota Bandung mencapai 1254,7 hektare. Terakhir, tahun 2018 lalu tersisa 586,3 hektare.

"Target dari program pusat Kotaku (Kota Tanpa Kumuh), Kota Bandung tahun ini sudah bebas dari kawasan kumuh," ujar Yana kepada wartawan, Jumat (15/2/2019).

Menurut Yana, pemerintah pusat dan kota sama-sama memiliki semangat untuk menghilangkan kawasan kumuh. "Sehingga kita bisa kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan Kota Bandung ini," katanya.

Koordinator Kotaku Kota Bandung Dede Hidayat dalam rilisnya membenarkan mengenai target tersebut. "Kami menargetkan di tahun 2019 ini untuk menyelesaikan 586 hektare wilayah kumuh di Bandung. Nantinya wilayah kumuh di Bandung menyisakan nol hektare," ujarnya.

Program Kotaku sendiri telah dilakukan di Kota Bandung sejak tahun 2016 lalu. Sejak saat itu sejumlah daerah berhasil dibenahi sehingga tidak masuk sebagai kawasan kumuh.

Tahun 2018, kata Dede, pihaknya membangun septic tank komunal di Kelurahan Sukagalih, Kelurahan Cibadak dan kawasan Coblong. Selain itu telah dibangun drainase di Kelurahan Pasirimpung, Cirangrang dan Pasirluyu.

"Selain manfaat untuk lingkungan, ada juga manfaat lain seperti septic tank komunal di Coblong yang juga bisa dijadikan lapangan bermain. Atau proses mendesain wilayah kumuh yang bisa dijadikan sarana berekspresi warga," ujar Dede. (tro/bbn)