DetikNews
Jumat 15 Februari 2019, 11:58 WIB

Ribuan Hansip Gaek Diterjunkan Kawal Pemilu 2019 di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Ribuan Hansip Gaek Diterjunkan Kawal Pemilu 2019 di Ciamis Personel Hansip di Ciamis ini siap mengawal jalannya Pemilu 2019. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Sebanyak 2.650 orang anggota Hansip atau Linmas siap mengawal proses Pemilu 2019. Mereka yang didominasi pria gaek ini akan bertugas ke tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 256 desa, yang tiap desanya memiliki 10 personel Linmas.

"Linmas ini sebagai ujung tombak aparat keamanan di tingkat desa, kami sudah memberikan pembekalan dan pelatihan supaya pada pelaksanaannya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik," ujar Plt Kepala Satpol PP Ciamis Dedi Iwa Saputra saat ditemui detikcom di kantornya, Jumat (15/2/2019).

Personel Hansip dalam naungan Satpol PP itu bertugas selama tiga hari, yakni pada H-1 saat persiapan, hari H pelaksanaan pencoblosan serta penghitungan suara dan H+1 setelah pencoblosan.

Menurut Dede, jumlah Linmas yang ada sebetulnya masih kurang. Seharusnya minimal setiap desa terdapat 15 Linmas. Terlebih kondisi mereka saat ini didominasi usia lanjut.

"Memang regenerasi Linmas itu hampir tidak ada, karena tidak bisa dijadikan sebagai profesi untuk bekerja. Paling hanya dari relawan masyarakat yang bekerja ikhlas, ya umumnya itu warga dengan usia lanjut," ujar Dedi.

Hansip Gaek Diterjunkan Kawal Pemilu 2019 di CiamisPara hansip mendapat pembekalan dan pelatihan dari Satpol PP Ciamis untuk mengamankan proses Pemilu 2019. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Meski usia lanjut, pihaknya menjamin personel Hansip ini mampu menjalankan tugasnya mengamankan proses Pileg dan Pilpres 2019 di seluruh Desa di Ciamis. Bila terjadi hal yang mengganggu proses Pemilu, mereka langsung berkoordinasi dengan aparat kepolisian.

"Jadi tugas mereka berkeliling ke TPS di wilayahnya. Tugas mereka memantau dan melaksanakan pengamanan, serta mengawal distribusi logistik Pemilu. Kalau pun ada Linmas yang ikut membantu seperti membawa kotak suara atau hal lainnya, itu memang karena keinginan pribadi untuk membantu," tutur Dedi.

Selama tiga hari bertugas saat proses Pemilu, mereka mendapatkan honor sebesar Rp 300.000 atau setiap hari diberi Rp 100.000 dari bantuan provinsi. "Intinya para Linmas di Ciamis siap mengamankan jalannya Pemilu 2019," ucapnya.

Dedi menjelaskan keberadaan Linmas di Desa sangat penting. Bukan hanya dalam mengamankan momen tertentu, tapi menjaga keamanan dan ketertiban di desa. Sebetulnya pihak desa bisa memberdayakan masyarakat menjadi Linmas, salah satunya melalui Dana Desa bila dimungkinkan.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed