DetikNews
Jumat 15 Februari 2019, 08:45 WIB

Longsor, Jalan Desa Menuju Pangalengan Tertutup

Wisma Putra - detikNews
Longsor, Jalan Desa Menuju Pangalengan Tertutup Foto: Istimewa
Kabupaten Bandung - Jalan penghubung dua kecamatan di Kabupaten Bandung, tertutup material tanah akibat longsor yang terjadi, Kamis (14/2) malam sekitar Pukul 20.00 WIB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Sudrajat mengatakan longsor itu terjadi di Kampung Babakan RT 02 RW 02, Desa Mekarsari, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

"Penyebab hujan intensitas deras. Akibatnya tebing tanah dengan tinggi + - 20 meter dan panjang +- 10 meter longsor," katanya via pesan singkat, Jumat (15/2/2019).

Ia mengungkapkan, material tanah tersebut menutup jalan penghubung Pasirjambu-Pangalengan. Jalan tersebut biasa digunakan warga, terutama digunakan sebagai akses pertanian.

"Material longsoran menutup jalan desa yang menghubungkan Gambung (Pasirjambu) menuju ke Pangalengan yang menyebabkan jalan tersebut tidak bisa dilalui baik oleh kendaraan roda dua dan empat dengan ketinggian material tanah sekitar dua meter," ungkapnya.

BPBD, Muspika setempat dan masyarakat bekerjasama melakukan kerjabakti membersihkan material longsoran dengan alat manual Dan sebuah traktor milik warga.

"Kebutuhan, alat berat (backhoe atau excavator) untuk mempercepat proses Pembersihan material longsoran," ujarnya.

Pagi ini, proses pembersihan matetial longsor tersebut akan dilakukan. "Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," pungkasnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed