DetikNews
Rabu 13 Februari 2019, 16:35 WIB

Tarif Tunai TMB Naik Seribu, Pindah ke Nontunai Aja!

Anggi Muliawati - detikNews
Tarif Tunai TMB Naik Seribu, Pindah ke Nontunai Aja! Foto: Anggi Muliawati
Bandung - Sejak Senin (11/2/2019) lalu, tarif Bus Trans Metro Bandung (TMB) naik dari semula Rp 3 ribu menjadi Rp 4 ribu. Kenaikan berlaku untuk koridor 1, 2, dan 3.

Kepala UPT Pengelola Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bandung Yudhiana menjelaskan kenaikan tersebut hanya berlaku untuk tarif tunai saja. Sementara untuk nontunai masih di tarif yang sama.

"Untuk kenaikan yang tunai itu dimaksudkan agar para pengguna yang tunai beralih ke nontunai, yang alatnya sudah dipasang di TMB. Jadi agar masyarakat lebih memanfaatkan alat pembayaran nontunai." ujarnya saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Soekarno Hatta, Rabu (13/2/2019).

Lebih lanjut, Yudhiana menjelaskan kenaikan tersebut juga sebagai upaya membantu program pemerintah mengenai gerakan nontunai.

"Ini sebagai upaya dukungan kita tentang program pemerintah. Sekarang kan pemerintah sudah menggerakkan transaksi nontunai, seperti di tol pun memakai e-toll." Ujarnya.

Kenaikan tarif tersebut baru berlaku di koridor 1, 2 dan 3. Untuk koridor 4 masih menunggu SME dari Bank.

Selain itu, kata Yudhiana, kenaikan tarif bus TMB baru berlaku di kategori umum saja. Sementara untuk kategori pelajar masih di tarif yang sama.

Yudhiana mengaku dua hari setelah tarif dinaikkan, respons dari masyarakat cukup baik. Terbukti dengan lebih dari 100 kartu baru yang sudah dikeluarkan oleh Bank.

"Responnya cukup bagus ya. Artinya sudah banyak masyarakat yang membeli kartu yang sudah disediakan oleh pihak bank," jelasnya.

Ke depan, lanjutnya, pihaknya tengah menggodok program baru bagi penumpang nontunai, di mana akan digratiskan apabila perjalanan belum mencapai 2 jam.

"Nanti jika sudah menggunakan uang nontunai bilamana penumpang beralih dari koridor satu ke koridor yang lain, apabila perjalanannya belum 2 jam, itu bisa melanjutkan tanpa menambah lagi biaya." terangnya.

Yudhiana berharap dengan program nontunai ini dapat membantu masyarakat untuk beraktivitas lebih mudah dan agar perkembangan transportasi di Kota Bandung lebih baik.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed