DetikNews
Rabu 13 Februari 2019, 12:20 WIB

Ridwan Kamil Jadikan Pramuka Ujung Tombak Tangkal Radikalisme

Mochamad Solehudin - detikNews
Ridwan Kamil Jadikan Pramuka Ujung Tombak Tangkal Radikalisme Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menjadikan Pramuka sebagai garda terdepan untuk menangkal radikalisme di kalangan anak muda Jabar. Dia menyebut faham tersebut sudah masuk ke sekolah.

"Berdasarkan kajian, di sekolah-sekolah, ideologi ekstrem masuk ke SMA dan SMP. Sehingga butuh dukungan dari Pramuka untuk menangkalnya," kata pria yang akrab disapa Emil, usai dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (13/2/2019).

Selain menangkal faham radikalisme di kalangan anak muda dia juga akan menjadikan Pramuka sebagai ujung tombak dalam penataan Sungai Citarum. Dia menilai gerakan Pramuka bisa secara maksimal membantu penyelamatan sungai yang pernah dicap terkotor di dunia itu.

"Kita ada masalah-masalah yang butuh SDM besar salah satunya penangnan krisis Sungai Citarum. Tahun-tahun ini kita akan melihat Pramuka menjadi motor utama dalam membela lingkungan," ujarnya.

Ridwan Kamil Jadikan Pramuka Ujung Tombak Tangkal RadikalismeFoto: Mochamad Solehudin


Sementara itu, Ketua Kwarnas Pramuka Budi Waseso menyambut baik rencana yang digulirkan Emil. Karena faham radikalisme memang sudah dirasakan menyebar di masyarakat.

"Ini harus kita tangkal dengan bagaimana peran pendidikan kepramukaan termasuk budaya kekerasan yang tidak sesuai dengan budaya kita," ucapnya.

Dia juga menyatakan, mendukung penuh pelibatan Pramuka dalam penyelamatan Sungai Citarum. Karena menurutnya anggota Pramuka memiliki kemampuan baik dari sisi tenaga dan juga skill.

"Pramuka sejak dulu sudah terlatih dan dibekali diri segala ilmu. Salah satunya bakti kita kepada lingkungan, membangun Citarum sedia kala menjadi sumber kehidupan," ujarnya.
(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed