DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 18:19 WIB

Bangkai Hiu Terdampar di Palabuhanratu Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Bangkai Hiu Terdampar di Palabuhanratu Sukabumi Warga mengevakuasi bangkai hiu di Palabuhanratu Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi - Bangkai ikan hiu terdampar di sekitar Dermaga II Pelabuhan Perikanan Nasional Palabuhanratu (PPNP), Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019) pagi. Ikan berukuran sekitar 2 meter bertubuh hitam corak bintik putih itu oleh nelayan setempat dikenal dengan sebutan hiu bentang.

Saat ditemukan warga hiu sudah dalam keadaan tidak bernyawa. Mereka kemudian menarik ikan tersebut ke daratan mereka lantas melapor ke petugas Satpolairud, Polres Sukabumi. "Ditemukan terombang-ambing dekat ke pesisir, awalnya saya kira masih hidup. Setelah didekati badannya kaku, lalu saya bawa ke pinggir dan melapor ke Satpolairud," kata Lukman, warga yang menemukan hiu.

Menurut Lukman, hiu bentang tersebut dikenal bersahabat dengan nelayan, meskipun perahu nelayan kerap berpapasan ikan berukuran besar tersebut tidak pernah mengganggu.

"Begitu juga nelayan, kalau berpapasan saat mencari ikan tidak pernah berani mengganggu. Ikan itu paling hanya ngikutin perahu nelayan lalu menghilang, sangat bersahabat," ucap Lukman.

Bangkai Hiu Terdampar di Palabuhanratu SukabumiBangkai hiu di Palabuhanratu Sukabumi. (Foto: istimewa)
KBO Satpolairud Polres Sukabumi Ipda Dadang Koswara menjelaskan ikan hiu dalam keadaan mati itu rencananya ditarik ke tengah perairan menggunakan perahu karena bobotnya yang besar akan sulit untuk dievakuasi ke daratan.

"Panjang sekitar 2 meter, berat kurang lebih 3 kuintal kalau dievakuasi ke darat akan sulit. Jadi kemungkinan akan dibawa ke tengah supaya bangkainya jadi makanan ikan lain," kata Dadang.
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed