DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 12:18 WIB

Pemulihan Tanggul Jebol di Pasirjati Ditargetkan Rampung 2 Hari

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Pemulihan Tanggul Jebol di Pasirjati Ditargetkan Rampung 2 Hari Petugas gabungan memasang bronjong. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Kabupaten Bandung - Pemkab Bandung menargetkan proses evakuasi, pembersihan lumpur dan pemasangan tanggul sementara di Pasirjati selesai dua hari ke depan. Saat ini seluruh proses tengah dilakukan.

"Untuk prioritas mudah-mudahan sampai selesai itu lima hari. Insya Allah dua hari ke depan selesai," ucap Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Cuncun saat berbincang dengan detikcom di komplek Jatiendah, Pasirjati, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).


Proses yang dijadikan prioritas ini, menurut Cuncun, terdiri dari pemasangan bronjong, pembersihan serta evakuasi yang belum selesai. Untuk proses bronjong, petugas gabungan tengah melakukan di tanggul yang jebol.

Sementara untuk pembersihan dan evakuasi tengah dilakukan menggunakan alat berat. Pembersihan rumah juga dilakukan dengan bantuan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung.

"Sekarang hari ketiga dalam hal evakuasi. Teknis khususnya pemasangan bronjong yang jebol. Itu di prioritaskan. Kaitan teknis melalui PUPR dari kemarin sudah koordinasi yang sekarang lagi dikerjakan," tutur Cuncun.


Meski ditargetkan selesai dalam dua hari, sambung Cuncun, Pemkab tak begitu saja meninggalkan. Menurut dia, monitoring akan terus dilakukan untuk mengecek kondisi pasca tanggul jebol.

"Itu merupakan akhir daripada finishing, termasuk evakuasi yang dianggap perlu sesegera. Tapi kita tetap monitor terus setelah lima hari itu," ujar Cuncun.


Saksikan juga video 'Bupati Bandung Bicara Penyebab Jebolnya Tanggul Pasirjati':

[Gambas:Video 20detik]


(dir/bbn)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed