DetikNews
Minggu 10 Februari 2019, 16:11 WIB

Kecelakaan Lalu Lintas di Jabar Didominasi Kalangan Milenial

Sudirman Wamad - detikNews
Kecelakaan Lalu Lintas di Jabar Didominasi Kalangan Milenial 60 persen kecelakaan di Jabar didominasi milenial. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu - Tingkat kecelakaan lalu lintas di Jawa Barat didominasi kalangan milenial. Dirlantas Polda Jabar Kombes Mohamad Aris menyebut sebanyak 60 persen kecelakan di Jabar melibatkan kalangan milenial.

"Kalau se-Indonesia itu kecelakaan yang melibatkan kalangan milenial mencapai 56 persen, sedangkan di Jabar sekitar 60 persen," ucap Aris usai menghadiri Milenial Safety Road Festival di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu (10/2/2019).

Aris tak menyebutkan secara rinci data kecelakaan di Jabar. Selain kecelakaan, lanjut dia, kalangan milenial mendominasi pelanggaran lalu lintas di Jabar. "Pelanggarannya yang berpotensi terjadinya kecelakaan, bukan administrasi," ucap Aris.

Lebih lanjut Aris mengatakan kampanye tertib lalu lintas perlu dikampanyekan secara masif. Kegiatan Milenial Safety Road Fastival, lanjut dia, digelar di seluruh Indonesia.

"Di Jabar itu digelar di 24 daerah. Porgram ini merupakan program kemanusian untuk menyelamatkan generasi muda agar tidak menjadi kecelakaan," kata Aris.
Kecelakaan Lalu Lintas di Jabar Didominasi Kalangan MilenialFoto: Sudirman Wamad
Di tempat yang sama, Bupati Indramayu Supendi tak menampik tingkat kecelakaan yang melibatkan kalangan milenial terbilang tinggi di Kabupaten Indramayu. Selain karena pelanggaran lalu lintas, infrastruktur jalan menjadi penyebab kecelakaan.

"Di Indramayu itu jalannya sudah mulus-mulus. Kadang ini memicu anak muda Indramayu mengendarai motornya kencang, karena terlena dengan jalan mulus," kata Supendi dalam sambutannya.

Lebih lanjut Supendi mengatakan meningkatnya volume kendaraan bermotor juga menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan. Pemkab Indramayu berencana menggandeng kepolisian untuk memberikan materi tentang keselamatan dan ketertiban berlalu lintas di sekolah-sekolah.

"Kita akan usahakan adanya kerja sama antara kepolisian dengan sekolahan terkait materi tertib lalu lintas," ucap politisi Golkar itu.

Acara Milenial Safety Road Festival di Indramayu berlangsung meriah. Ribuan masyarakat Indramayu hadir dalam acara yang digelar di Sport Center Indramayu. Hadir juga artis dangdut kelahiran Indramayu, Iis Dahlia. Iis Dahlian menyumbang sejumlah lagu untuk menghibur ribuan masyarakat yang hadir di acara itu.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed