DetikNews
Minggu 10 Februari 2019, 15:47 WIB

Kisah Ahda, Korban Selamat Insiden Tanggul Jebol di Pasirjati

Anggi Muliawati - detikNews
Kisah Ahda, Korban Selamat Insiden Tanggul Jebol di Pasirjati (Foto: Satria Nandha/detikcom)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Bandung - Tanggul jebol di Komplek Jatiendah Regency, Dusun Pasirjati, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung menyisakan luka bagi warga. Tiga orang dinyatakan tewas dan 12 rusak akibat kejadian tersebut.

Salah seorang korban selamat, Ahda, menceritakan detik-detik tanggul jebol hingga menyebabkan banjir bandang ke rumahnya. Saat itu. Sabtu (9/2/2019) malam sekitar pukul 22.00 WIB hujan lebat mengguyur daerahnya.

"Kemarin malam minggu kan hujan lebat, terus banjir dan tanggul yang membendung sungai jebol," ujarnya saat ditemui detikcom di lokasi, Minggu (10/2/2019).

Ahda menjelaskan awalnya tanggul yang jebol tersebut kecil, lama-lama menjadi besar karena hujan yang tidak berhenti.

"Pertama sih kecil, lama-lama jadi besar, masuk ke pemukiman dan akhirnya sampai dada, mobil-mobil pun ada yang terbawa arus," katanya.

Selain itu, kata Ahda, sejumlah rumah ada yang rata dengan tanah. Kebanyakan rumah tersebut berada di blok B2 sampai B10.

"Ada 4 rumah rata, dari B2 sampai B10, itu habis semua. Korban meninggal ada 3 orang di B9, 1 anak kecil, 1 orangtua dan 1 orang dewasa," ucapnya.
Saat kejadian, Ahda mengaku sedang berada di rumah. Ia berusaha evakuasi ke atas genting, namun ternyata belakang rumahnya ambruk.

"Saya sempat evakuasi ke atas genting, ternyata belakang ambruk, terus saya coba ke rumah sebelah dan ternyata sama ambruk juga," katanya.

Setelah situasi memungkinkan akhirnya Ahda keluar rumah dan membantu warga juga anak-anak untuk dievakuasi ke masjid. "Alhamdulillah, kalau keluarga saya selamat semua," ujarnya.
(tro/tro)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed