DetikNews
Minggu 10 Februari 2019, 15:30 WIB

Kentut RUUP, Perlawanan Trio Hijaber Metal untuk RUU Permusikan

Hakim Ghani - detikNews
Kentut RUUP, Perlawanan Trio Hijaber Metal untuk RUU Permusikan Foto: Asep Syaifullah
Garut - Kritik terhadap Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan terus dilontarkan para musisi. Tak terkecuali grup band metal Voice of Baceprot (VoB) yang sempat viral karena aksinya.
Trio hijaber ini melakukan penolakan dengan sebuah lagu berjudul'Kentut RUUP'. Manajer VoB Abah Ezra menjelaskan lagu tersebut bentuk perlawanan dan kegelisahan para personel VoB terhadap RUU Permusikan.

"Penolakan RUUP seharusnya dilihat sebagai bentuk kepedulian paling jujur kalangan musisi hari ini. Tidak hanya demi kemajuan musik hari ini, tapi lebih untuk terjaminnya perlindungan dan kemerdekaan berkarya generasi mendatang," ujar Ezra kepada detikcom melalui pesan singkat, Minggu (10/02/2019).

VoB telah menyiarkan lagu tersebut melalui akun Instagramnya @voiceofbaceprot. Lagu tersebut kini tengah digodok dan akan dirilis dalam versi full band dalam waktu dekat.

Ezra mengatakan penolakan yang dilontarkan mengacu kepada beberapa hal yang disoroti oleh VoB. Salah satunya, VoB menganggap 80 persen isi dari RUU Permusikan bermasalah.

"Saya menganalogikan UU sebagai benang atau tali yang sebaik apapun niatnya untuk melindungi, pasti ada efek mengikat, kaku dan seragam. Musik mempunyai unsur-unsur kebebasan dan kemandirian lebih dari hal-hal lain yang selama ini telah diikat dengan UU," ujar Ezra.
Dalam liriknya VoB mengungkapkan jika RUU tersebut sebuah cerminan dari orde lama dan orde baru. Para musisi seolah terpenjara dengan karya-karyanya.

"Membaca RUU Permusikan seperti membaca represi ORLA (kentut patut orla) membacai bau busuk ORBA (kentut manut orba) musisi dikebiri, suara dinista, kebebasan dipenjarakan," sepenggal lirik lagu 'Kentut RUUP' yang diunggah VoB di akun IG @voiceogbaceprot, Selasa (05/02).


Kenali Lebih Dekat 'VOB', Band Metal Berhijab dari Garut, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed