DetikNews
Minggu 10 Februari 2019, 12:04 WIB

Masih Rawan, Warga Sekitar Tanggul Jebol Diimbau Mengungsi

Wisma Putra - detikNews
Masih Rawan, Warga Sekitar Tanggul Jebol Diimbau Mengungsi Alat berat diterjunkan untuk membersihkan sisa tanggul jebol. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Bandung - Sebuah alat berat jenis backhoe milik Dinas PUPR Kabupaten Bandung diterjunkan ke lokasi tanggul jebol yang menewaskan tiga orang warga di Komplek Jatiendah Regency, Dusun Pasirjati, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Setibanya di lokasi, alat berat langsung mengeruk batu dan lumpur yang menghambat saluran air dari material tanggul yang jebol pada Sabtu (9/2/2019) malam.
Camat Cilengkrang Edi Kusnadi mengatakan alat berat diterjunkan untuk mengeruk material batu yang menyumbat saluran air.

"Kami koordinasi dengan PUPR menurunkan alat berat untuk mengeruk ini (material batu) agar aliran air kembali lancar," katanya di lokasi, Minggu (10/2/2019).
Edi mengatakan jika tidak dikeruk dikhawatirkan bila hujan kembali terjadi maka air bisa masuk ke pemukiman.

"Sekarang kami pasang karung berisi tanah, bronjong dan nantinya kami akan berkoordinasi dengan pihak pengembang (perumahan)," ucapnya.

Pihaknya mengimbau warga yang tinggal di sekitar tanggul jebol untuk mengungsi sementara. "Untuk warga sekitar terutama yang ada di pinggir aliran ini, untuk sementara jangan ditinggali dulu. Karena ini rawan," ujarnya.
Masih Rawan, Warga Sekitar Tanggul Jebol Diimbau MengungsiFoto: Wisma Putra
Sementara itu, puluhan anggota Dalmas dan Kodim 0609 Kabupaten Bandung terpantau membantu evakuasi batu dan lumpur yang memenuhi jalan di perumahan tersebut.
(tro/tro)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed