DetikNews
Minggu 10 Februari 2019, 08:56 WIB

Detik-detik Tanggul Jebol di Pasirjati yang Tewaskan 3 Orang

Wisma Putra - detikNews
Detik-detik Tanggul Jebol di Pasirjati yang Tewaskan 3 Orang Tim gabungan di lokasi tanggul jebol Pasirjati. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Bandung - Tiga orang warga di Kompleks Jatiendah Regency, Dusun Pasirjati, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung tewas akibat terjangan air dari tanggul jebol dekat rumah mereka.

Salah satu warga Ujang mengatakan sebelum kejadian hujan besar turun di wilayah tersebut, Sabtu (9/2/2019) malam. Sekitar pukul 22.00 WIB air tiba-tiba datang. Diketahui, air berasal dari tanggul saluran drainase yang jebol.

"Kejadian sekitar pukul 22.00 WIB. Awalnya kecil, tiba-tiba air (besar) datang," kata Ujang di lokasi, Minggu (10/2/2019).
Menurutnya sebelum air datang sempat terdengar suara gemuruh tak lain berasal dari tanggul setinggi 2,5 meter dengan lebar 5 meter yang jebol.

Akibat kejadian tersebut sejumlah rumah warga di dalam kompleks mengalami kerusakan. Bahkan rumah tiga orang korban yang saling bertetangga rata dengan tanah.
Warga lainnya, Rony berujar air yang melanda Komplek Jatiendah Regency berasak dari wilayah lain yang berada di daerah atas.

"Volume air tinggi karena pembuangan air dari atas di wilayah Melati Wangi, Melati Raya, Karang Arum masuk ke wilayah Pasirjati," ujarnya.
Detik-detik Tanggul Jebol di Pasirjati yang Tewaskan 3 OrangFoto: Wisma Putra
Di tempat yang sama Camat Cilengkrang Edi Kusnadi mengatakan pasca kejadian pihaknya langsung datang ke lokasi bersama unsur TNI-Polri.

"Kejadian ini terjadi akibat kerusakan Tembok Penahan Tanah (TPT) atau tanggul jebol karena volume air tinggi. Air tidak tertampung dan masuk ke perumahan," ujarnya di lokasi kejadian.

Saat ini tiga orang korban meninggal dunia telah dievakuasi ke masjid terdekat. Rencananya ketiga korban akan langsung dimakamkan pada siang ini.


Saksikan juga video ' Evakuasi Ibu dan Anak Korban Tanggul Jebol di Pasirjati Bandung ':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
FOKUS BERITA: Tanggul Pasirjati Jebol
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed