DetikNews
Kamis 07 Februari 2019, 14:38 WIB

Wagub Uu: Sekolah Harus Kerja Sama dengan Dunia Usaha

Dadang Hermansyah - detikNews
Wagub Uu: Sekolah Harus Kerja Sama dengan Dunia Usaha Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meminta kepada para kepala sekolah untuk bisa bekerja sama dengan dunia usaha. Cara tersebut dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja lulusan SMA/SMK dan mengatasi pengangguran.

"Kepala sekolah harus bisa mengadakan kerja sama dengan dunia usaha. Baik dengan UMKM, sektor ril dan dunia kerja lainnya. Jadi minimal ada dorongan untuk masuk kerja kepada yang sudah MoU. Kalau tidak bisa akan kami evaluasi," tutur Uu saat silaturahmi dan pembinaan kepada Kepala SMA/SMK Ciamis dan Banjar KCD Wilayah III di Aula SMAN 2, Ciamis, Jawa Barat, Kamis (7/2/2019).

Uu meminta sekolah untuk memberikan pemahaman tentang wawasan hidup dan ekonomi kepada para siswa. Hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja.

"Dari sejam pelajaran itu, 40 menit untuk pelajaran, sedangkan 5 menitnya bisa diberikan wawasan kehidupan dan ekonomi," kata Uu.

Terkait dengan silaturahmi dan pembinaan tersebut, Uu menyatakan untuk menyamakan persepsi. "Kehadiran kami di sini untuk membangun emosional, kami selaku pimpinan memiliki tanggung jawab. Kalau tidak dibantu di daerah tentunya tidak bisa mewujudkan Jabar juara lahir batin. Karena semua elemen sangat penting untuk persatuan dan kesatuan. Ini adalah kebersamaan," ujar Uu.

Selain itu, Uu menyampaikan program ajengan masuk sekolah yang bertujuan meningkatkan nilai moral akhlak para peserta didik. Hal tersebut merupakan komitmen Pemprov Jabar di dunia pendidikan.

"Untuk mencegah radikalisme yang saat ini sudah masuk kepada generasi milenial," kata Uu.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed