Penampakan Bangkai Bus Kramat Djati Usai Dievakuasi

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 06 Feb 2019 11:28 WIB
Bangkai bus Kramat Djati berhasil dievakuasi menggunakan alat berat. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Bangkai bus Kramatj Dati yang mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Bandung-Garut berhasil dievakuasi dari bawah flyyover Cikopo-Cicalengka. Pantauan detikcom, Rabu (6/2/2019), pukul 10.20 WIB, bangkai bus itu diangkat menggunakan alat berat ke atas Jalan Raya Bandung-Garut.

Petugas tidak menemukan hambatan sepanjang proses evakuasi. Pelaksanaan evakuasi bangkai bus tersebut dilakukan selepas polisi tuntas olah TKP. "Alhamdulillah kami berhasil evakuasi bangkai bus ini," kata Kasatlantas Polres Bandung AKP Hasby Ristama di lokasi kejadian, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Bangkai bus itu diangkat dalam kondisi rusak parah. Bagian atas bus remuk karena terguling ke bawah jembatan layang sedalam 10 meter. Hasby berujar proses evakuasi dibantu petugas Dishub Jabar.

"Proses evakuasinya dilakukan dengan menggunakan teknologi laica, selama tiga jam," ujar Hasby.

Hasby menuturkan alat laica merupakan teknologi baru yang dimiliki Korlantas Polri. "Teknologinya Traffic Accident Analysis (TAA) untuk membuktikan kejadian sebenarnya dilihat dari fotografi, tipografi, pemetaan, marking kecelakaan dan scaning dari alat laica. Ini teknologi baru yang dimiliki Korlantas Polri digunakan di sini," tuturnya.

Selanjutnya bus Kramat Djati ini akan dibawa ke Mapolres Bandung. "Kita bawa bangkainya ke Unit Laka," ucap Hasby.

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)