DetikNews
Jumat 25 Januari 2019, 14:46 WIB

Pemkot Cimahi Bagikan Ikan Cupang untuk Berantas Jentik Nyamuk

Rachmadi Rasyad - detikNews
Pemkot Cimahi Bagikan Ikan Cupang untuk Berantas Jentik Nyamuk Foto: Rachmadi Rasyad
Cimahi - Pemkot Cimahi membagi-bagikan ikan jenis cupang untuk memberantas jentik nyamuk. Cupang tersebut dibagikan ke rumah-rumah warga dan dilepas ke selokan-selokan yang dianggap menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak.

Pantauan detikcom, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana dan dilakukan di sekitar Jalan Kota Mas Raya, Kelurahan Padasuka, Kelurahan Cimahi Tengah, Kota Cimahi pada Jumat (25/1/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Ngatiyana mengatakan, kegiatan itu telah dilakukan untuk yang kedua kalinya di Kota Cimahi. Pemberantasan jentik nyamuk, sambung Ngatiyana, dilakukan secara serentak di tiap kelurahan.

"Kami tidak pandang bulu di kota ataupun di mana saja. Kita semua periksa secara acak. Dan Pemkot Cimahi secara serentak di tiap-tiap kelurahan kita bagi bersama secara serentak," kata Ngatiyana.

Ngatiyana menyebut, jentik nyamuk biasanya berkembang biak di tempat-tempat yang terdapat genangan air seperti ember, jeriken, dispenser, hingga akuarium berukuran kecil.

Pemkot Cimahi Bagikan Ikan Cupang untuk Berantas Jentik NyamukFoto: Rachmadi Rasyad


Lebih lanjut, Ngatiyana menjelaskan, bahwa di tiap kelurahan di Cimahi terdapat sekitar 25 persen jentik nyamuk. Hasil tersebut, kata Ngatiyana, diperoleh setelah diambil sampel terhadap 25 orang di tiap RT. Ngatiyana pun mengaku di Cimahi sudah ada warga yang terkena penyakit DBD.

"Cimahi ini ada jentik-jentik ada 25 persen rata-rata tiap kelurahan. Dan satu RT kita ambil sampel dua puluh lima orang untuk mengambil kedapatannya. Tenyata ada dua puluh lima persen di tiap kelurahan ataupun RT," jelas Ngatiyana.

Kepala BKIPM Jabar Dedi Arif meyebut ikan cupang yang dibagikan hari ini sekitar 400. Ikan tersebut diperoleh dari Cimahi Beta Community sebagai program CSR-nya.

Dedi mengatakan, pemberantasan jentik nyamuk menggunakan ikan cupang sangat efektif. Sebab, jika dilakukan fogging hanya akan memberantas nyamuk dewasa.

Dia menyebut, satu ekor ikan cupang jenis crowntail bisa membunuh hingga delapan puluh jentik sedangkan yang biasa minimal sepuluh.

"Ini kita anggap dan terbukti di lapangan sangat efektif untuk memberantas jentik. Karena kalau fogging hanya mematikan nyamuk yang dewasa tapi jentiknya tidak sehingga solusinya salah satunya menggunakan ikan," jelas Dedi.

Dedi berharap pembagian ikan cupang bisa memberi dua manfaat sekaligus bagi masyarakat yakni musnahnya jentik nyamuk dan peningkatan ekonomi jika cupang yang disimpan bisa beranak.


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed