detikNews
Kamis 24 Januari 2019, 23:40 WIB

Ridwan Kamil akan Godok Aturan PPDB 2019 Pekan Ini

Wisma Putra - detikNews
Ridwan Kamil akan Godok Aturan PPDB 2019 Pekan Ini Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan segera melakukan rapat terkait pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019. Menyoal zonasi, hal tersebut menjadi sorotan.

Saat disinggung soal zonasi, orang nomor satu di Jawa Barat itu mengaku sudah bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Soal zonasi, Mendikbud mengembalikan kembali ke daerah.

"PPDB kita mau rapatkan minggu ini. Saya sudah ketemu pak menteri, intinya arahan dari Pak Menteri silahkan sesuaikan dengan kondisi di daerah, jadi tidak saklek hitam putih begitu saja," kata Ridwan Kamil usai membuka Pameran Foto Kilas Balik Jabar 2018 di Kantor Antara Jabar, Jalan Braga, Kota Bandung, Kamis (24/1/2019).

Emil sapaan karib Ridwan Kamil menyebutkan apabila aturan zonasi 90 persen tanpa ada penyesuaian, SMAN 5 dan SMAN 3 Kota Bandung tidak akan ada siswanya.

"Karena SMA-SMA di daerah kolonial tidak ada zona penduduknya. Kalau pakai teori jarak kilometer, tanpa ada fleksibilitas maka SMA-SMA itu tidak akan ada siswanya. Kan enggak mungkin?" ungkapnya.



Menurutnya, peraturan tersebut sudah benar tapi harus melihat keadaan di daerah. "Peraturan itu rohnya betul, tapi terjemahannya disesuaikan kondisi daerah,"

Pihaknya belum dapat berkata banyak soal pelasanaan PPDB Jabar 2018.

"Sedang dirapatkan Minggu ini nanti kalau sudah rapat saya sampaikan. Saya enggak punya jawaban teknis," pungkasnya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com