DetikNews
Kamis 24 Januari 2019, 17:30 WIB

Cerita Buruh Cuci Selundupkan Sabu Dalam Mulut ke Lapas Banceuy

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Cerita Buruh Cuci Selundupkan Sabu Dalam Mulut ke Lapas Banceuy Sabu yang diselundukan PJ melalui mulutnya/Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - PJ (42) terpaksa harus berurusan dengan hukum setelah kedapatan menyelundupkan sabu-sabu ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Banceuy. Perempuan tersebut bercerita soal perkenalannya dengan narapidana hingga diminta antar sabu. Seperti apa?

PJ yang sehari-hari bekerja sebagai buruh cuci ini mengaku berkenalan dengan napi BS beberapa hari lalu melalui Facebook. BS lalu menawarkan pekerjaan 'mudah' kepada PJ.

"Saya disuruh mau nggak kerja, nanti dibayar Rp 500 ribu. Katanya gampang kerjanya," ucap PJ saat ditemui di Lapas Banceuy, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (24/1/2019).

PJ tergiur akan bujukan dari BS. Dia akhirnya menyanggupi perintah BS. PJ lalu diminta untuk mengambil sebuah bungkus rokok di kawasan Jalan Kepatihan pada Rabu (23/1) malam.

"Setelah saya ambil, saya pulang. Terus dia bilang, sok cobain aja rokoknya, enak da bikin hampang. Ya sudah saya cobain karena saya merokok juga. Setelah dicobain, ya memang enggak capek kalau nyuci," tuturnya.



PJ kemudian diminta untuk mengantarkan barang tersebut ke Lapas Banceuy. Sesuai instruksi BS, barang haram sebanyak 21 bungkus itupun dia masukan ke dalam mulutnya.

"Disuruhnya dimasukin ke mulut. Supaya enggak ketahuan," kata PJ.

Dengan pakaian hitam, PJ pun datang ke Lapas Banceuy. Namun upayanya memasukan barang tersebut gagal setelah petugas mencurigai tingkah PJ.

PJ lalu diperiksa dan didapati ada 21 bungkus plastik kecil di dalam mulutnya. Berdasarkan hasil timbangan, total beratnya mencapai 14 gram.

Kasus inipun sudah dilimpahkan ke Polda Jawa Barat. Sementara BS yang menghuni lapas itu, mendapatkan sanksi masum register F sehingga tak akan mendapat haknya berupa remisi dan lainnya. BS juga terpaksa masuk ruang isolasi selama 6 hari.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed