DetikNews
Kamis 24 Januari 2019, 17:23 WIB

Peraturan Penerimaan Siswa Baru Kota Bandung Keluar Maret

Tri Ispranoto - detikNews
Peraturan Penerimaan Siswa Baru Kota Bandung Keluar Maret Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Dinas Pendidikan Kota Bandung hingga kini masih mempersiapkan Peraturan Wali Kota (Perwal) yang mengatur mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Dijadwalkan peraturan selesai pada Maret nanti.

Sekdis Pendidikan Kota Bandung Mia Rumiasari mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan kajian dan pendalaman terhadap beberapa pasal diatur dalam Permendikbud No 51 tahun 2018 soal PPDB.

"Ada beberapa hal yang perlu kita konsultasikan dan koordinasikan dengan yang lainnya. Kita sudah buat schedule, awal Maret selesai," ucap Mia di Taman Sejarah, Kota Bandung, Kamis (24/1/2019).

Mia menjelaskan beberapa hal yang perlu penyesuaian adalah domisili peserta didik dan tidak dipakainya Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Menurut Mia, untuk urusan SKTM pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan kewilayahan. Sebab nantinya SKTM ditiadakan dan diganti dengan proses administrasi yang disepakati bersama di tingkat kelurahan.

"PPDB 2019 kami dituntut menyempurkan Perwal 2018. Walau pun Kota Bandung 90 persen sudah murni (zonasi)," katanya.



Pembuatan Perwal, kata Mia, harus benar-benar disesuaikan sehingga tidak terjadi kesalahan ke depannya. Sebab dalam Permendikbud terdapat sanksi cukup berat jika daerah melakukan pelanggaran.

"Sanksinya, bantuan BOS pusat tidak akan turun. Maka kita sikapi ini sebaik-baiknya sesuai kajian dan uji publik yang nanti kita akan lakukan," ujarnya.


(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed