DetikNews
Kamis 24 Januari 2019, 17:13 WIB

Pengunjung Perempuan Lapas Banceuy Selundupkan Sabu Dalam Mulut

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Pengunjung Perempuan Lapas Banceuy Selundupkan Sabu Dalam Mulut Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Aksi penyelundupan narkotika ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Banceuy terulang. Seorang wanita nekat memasukkan puluhan bungkus sabu-sabu ke dalam mulutnya.

Aksi itu terungkap setelah penjaga Lapas Banceuy melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung, Kamis (24/1/2019) sekitar pukul 11.30 WIB. Salah seorang perempuan yang diketahui berinisial PJ (42) saat itu hendak berkunjung ke salah seorang narapidana lapas tersebut.

"Kita lakukan X-ray juga dan penggeledahan badan. Lalu kita lakukan manual ada kecurigaan dia diem terus, kita buka mulutnya ternyata ada barang itu," ucap Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) Banceuy Eris Ramdani.

Dari mulutnya itu, petugas menemukan ada total 21 bungkus kecil yang sudah dilipat-lipat. Bungkusan itu berisi butiran berwarna putih.

"Isinya sabu-sabu. Setelah ditimbang, jumlahnya 14 gram," kata dia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, PJ rencananya akan mengunjungi salah seorang napi berinisial BS. Petugas juga telah memeriksa napi kasus narkotika dengan vonis 11 tahun itu. Dari pemeriksaan, BS yang merupakan warga Bogor itu mengakui telah memesan dan meminta BS untuk mengantar ke Lapas Banceuy.

"BS yang memesan dan minta antar ke PJ ini. Tapi orang yang mengantar ini apakah ada hubungan atau tidak masih didalami apa enggak," tuturnya.

"Kemungkinan besar akan digunakan di dalam," kata Eris menambahkan.

Pelaku langsung diserahkan ke Polda Jabar yang kebetulan tengah berada di lokasi untuk pengembangan kasus. Sehingga, pendalaman kasus ini akan diserahkan ke Polda Jabar.

"Sementara untuk napi BS kita akan berikan sanksi. Sanksinya berupa register F yang artinya hak-hak dia tidak akan didapatkan seperti remisi dan lainnya. Yang bersangkutan juga masuk ke sel isolasi," katanya.
(dir/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed