Eks Kalapas Sukamiskin Akui Terima Mobil dari Suami Inneke Koesherawati

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 23 Jan 2019 17:04 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah diketahui beberapa kali tak pulang ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin dengan alasan berobat. Padahal ia menginap di rumah kontrakannya yang tak jauh dari lapas. Eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen berdalih ia tak mengetahui hal itu. Ia menganggap Fahmi benar-benar dirawat hingga tak kembali ke lapas.

"Saudara Fahmi kalau tidak langsung pulang lalu saya tanya keluarganya ya dirawat jawabnya. Anggapan saya Pak Fahmi dirawat," ucap Wahid saat menjadi saksi dalam sidang untuk terdakwa Fahmi di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (23/1/2019).

Wahid mengatakan Fahmi memang memiliki penyakit. Hal itu dia ketahui usai banyak mengobrol dengan Fahmi. Namun Wahid tak menyebut sakit apa yang diderita oleh Fahmi.

"Ya pernah obrolan tentang masalah sakit," kata Wahid.

Hakim lalu menanyakan soal aturan berobat para napi tipikor Lapas Sukamiskin. Wahid menjelaskan apabila izin berobat harus melalui sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP).

"Kalau untuk berobat iya (diberikan). Itu memang sudah biasa. Memang prosedur mengeluarkan tidak disebut berapa lama. Kami hanya mengeluarkan hari itu, kalau enggak dirawat harus pulang," kata dia.



Hakim lalu menanyakan soal Fahmi yang disebut-sebut memiliki rumah kontrakan di Permata Arcamanik dekat Sukamiskin. Hakim menanyakan apakah Fahmi tak pulang ke Lapas namun justru pulang ke rumahnya. Wahid mengaku tak tahu soal itu.

"Saya sama sekali nggak tahu, karena saya pernah ngobrol dan dia ada di rumah sakit," kata Wahid.



Hakim lalu beralih soal pemberian mobil double cabin dan uang dari Fahmi ke Wahid. Dia mengakui menerima pemberian tersebut.

"Saya menerima kiriman satu unit mobil. Sifatnya pemberian. Jadi waktu itu saya lagi cari mobil Land Rover second yang Rp 30 jutaan, akhirnya pendek cerita serius dibelikan," katanya.

Hakim lalu menanyakan selain Fahmi, Wahid mendapat uang dari mana lagi. Dia menyebut nama Fuad Amin.

"Dari Fuad, kalau jumlahnya saya lupa," kata Wahid.

"Rp 100 juta, Rp 50 juta, Rp 30 juta, Rp 20 juta atau Rp 5 juta," tanya hakim mengingatkan.

"Minggu kedua bulan Juli Rp 20 juta," katanya.

Dalam dakwaan jaksa KPK, Fahmi disebut pernah keluar Lapas Sukamiskin. Fahmi lalu pergi ke rumah di Permata Arcamanik selama sekitar dua hari. Rumah tersebut diketahui sengaja disewa suami Inneke Koesherawati.


Saksikan juga video 'Inneke Koesherawati Cerita Disuruh Suami Beli Mobil':

[Gambas:Video 20detik]

(dir/ern)