Aksi Saifah Buang Rp 4 Juta ke Sungai Bikin Gempar Indramayu

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 21 Jan 2019 11:05 WIB
Foto: tangkapan layar Facebook akun Yuni Rusmini
Indramayu - Belasan warga Desa Tanjung Sari, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu, turun ke sungai dengan air warna hitam. Mereka berburu uang milik tetangganya, Usman. Uang yang dibuang ke sungai oleh istri Usman itu berjumlah Rp 4 juta.

Video proses pencarian uang milik Usman di Sungai Tanjungsari itu meramaikan jagat maya. Salah satu videonya diunggah pengguna facebook, Yuni Rusmini. Yuni mengunggah dua video dan sejumlah foto. Dalam videonya itu, sejumlah orang menujukkan pecahan Rp 100 ribu yang berhasil ditemukan di Sungai Tanjungsari.

"Infonya beredar katanya uang puluhan juta dibuang disungai beserta emas, seperti kalung, gelang, dan lain-lain. Spontan warga beramai-ramai mencari uang pecahan Rp 100 ribuan," tulis Yuni Rusmini dalam video yang diunggahnya itu, Minggu (20/1/2019).



Kapolres Indramayu AKBP M Yoris Marzuki mengatakan yang yang dibuang ke sungai tidak mencapai puluhan juta seperti yang ramai dibicarakan.

"Jadi uang Rp 4 juta (itu) milik Pak Usman yang hendak dibelanjakan ke pasar, dibuang oleh istrinya ke sungai. Warga membantu dengan mencari uang di sungai tersebut," jelas Yoris.

Menurut Yoris diketahui istri Usman yaitu Safiah (40), mengalami gangguan kejiwaan setelah menjadi TKI.



Yoris mengatakan warga sekitar berhasil mengumpulkan sekitar Rp 1 juta. Uang yang berhasil dikumpulkan warga itu, lanjut dia, dikembalikan ke Usman. (ern/ern)