IMB Masjid Al Jabbar di Gedebage Kini Sudah Tak Masalah

Tri Ispranoto - detikNews
Jumat, 18 Jan 2019 15:39 WIB
Foto: Satria Nandha
Bandung - Progres pembangunan Masjid Al Jabbar di Gedebage sudah mencapai 80 persen. Diprediksi pembangunan selesai pada 2020 nanti. Bagaimana dengan IMB-nya?

Awal tahun 2018 lalu, pembangunan masjid terapung itu sempat menuai masalah karena belum ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pembangunan dilakukan hanya atas dasar Surat Persetujuan Pemanfaatan Ruang (SPPR) yang diterbitkan pada tahun 2016 lalu.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung Arief Syaifudin memastikan IMB untuk Masjid Al Jabbar sudah ada.

"Sudah keluar, bareng dengan TP4D Provinsi Jabar pertengahan 2018 kemarin. Tepatnya saya lupa," ujar Arief saat dikonfirmasi detikcom via telepon, Jumat (18/1/2019).
Arief memastikan dengan telah selesainya semua perizinan maka pembangunan sudah sesuai prosedur. "Perizinan sudah selesai, jadi aman," katanya.

Hingga kini Pemprov Jabar telah menggelontorkan duit hingga Rp 500 miliar untuk pembangunan masjid terapung tersebut. Ke depan akan kembali digelontorkan sekitar Rp 90 miliar untuk pekerjaan tambahan seperti listrik dan pemasangan plafon.

Baca juga: IMB Masjid Terapung Gedebage Tunggu Tim Ahli Bangun Gedung (tro/ern)