Proyek Masjid Terapung Al Jabbar di Gedebage Selesai 2020

Mochamad Solehudin - detikNews
Kamis, 17 Jan 2019 14:13 WIB
Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jabar Eddy Iskandar Muda Nasution/Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Progres pembangunan Masjid Al-Jabbar di Gede Bage, Kota Bandung telah mendekati 80 persen. Proyek tersebut ditargetkan bisa selesai di tahun 2020 mendatang.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemprov Jabar Eddy Iskandar Muda Nasution menyatakan, saat ini di lapangan sedang proses pemasangan bagian atap dan menara masjid. Kedua pekerjaan ditargetkan selesai akhir Februari.

"Sekarang lagi penyelesaian bagian atap dan menara. Atap dan menara itu ditargetkan selesai akhir Februari. Sekarang secara total (progresnya) mendekati 80 persen," ucapnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (17/1/2019).

Eddy melanjutkan, Pemprov Jabar tahun ini menyiapkan anggaran Rp90 miliar untuk melanjutkan pembangunan masjid tersebut. Dana itu akan digunakan untuk memasang plafon, listrik dan pengerjaan lainnya.

"Tahun ini tambahan untuk pembangunan itu Rp90 miliar. Itu diluncurkan kemarin Rp90 miliar untuk plafon sama listrik," katanya.

Dia melanjutkan, sampai sekarang Pemprov Jabar telah menggelontorkan anggaran Rp500 miliar. Dia memperkirakan pembangunan itu dibutuhkan anggaran hingga Rp800 miliar.

"Kira-kira kalau sekarang itu Rp500 miliar. Nanti totalnya itu Rp800 miliar. Jadi diperkirakan baru 2020 selesai," katanya.

Mengenai pembangunan danau yang nantinya melengkapi masjid itu, dia menyatakan, bukan menjadi kewenangan Pemprov Jabar. Pembangunan danau itu ditangani oleh Balai Besar Wilayang Sungai Citarum.

"Danau itu BBWS. Pengerjannya pararel dan mungkin (penyelesaian) lebih dulu dia," katanya. (mso/ern)