Cerita Pengawal 'Dikelabui' Fuad Amin yang Pelesiran Keluar Sel

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 19:03 WIB
Saksi dihadirkan dalam sidang kasus suap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Fakta pelesiran eks Bupati Bangkalan Fuad Amin selama menjalani masa hukuman menguat. Pengawal narapidana dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin bahkan sempat 'dikelabui' Fuad.

Hal itu diungkapkan Joaquim Lucio, anggota regu jaga Lapas Sukamikin, dalam sidang kasus dugaan suap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (16/1/2019).

Joaquim bercerita, suatu waktu yang tak ingat hari dan tanggalnya, dia mendapat tugas mengawal Fuad Amin yang sedang berada di Rumah Sakit Dustira, Cimahi. Saat itu dia datang untuk bergantian dengan pengawal sebelumnya.

"Pas saya datang, saya cari-cari dia tidak ada di rumah sakit," kata Joaquim dalam persidangan.


Dia kemudian terus mencari hingga ke sudut-sudut ruangan. Ketika jam menunjukkan pukul 15.00 WIB, barulah dia bertemu Fuad Amin yang kemudian masuk ke ruangan di rumah sakit itu.

Berdasarkan tugasnya, Joaquim lalu memotret Fuad Amin di rumah sakit. Foto tersebut langsung dia kirim ke grup WhatsApp tim pengamat pemasyarakatan (TPP) yang di dalamnya ada Wahid Husen.

"Begitu saya kirim foto ke grup, pak Kalapas nanya 'ini foto kapan?' saya jawab 'sekarang pak'. Lalu pak Kalapas bilang, 'loh tadi (Fuad Amin) nelepon bilangnya lagi di tol ke rumah sakit'. Saya enggak tahu, orang saya juga nyari-nyari," tutur Joaquim.


Keterangan Joaquim sesuai dengan berita acara pemeriksaan (BAP) dirinya oleh KPK. Jaksa KPK bahkan membacakan ulang BAP tersebut dengan menambahkan kalimat bahwa Joaquim meyakini ada hubungan dekat antara Fuad Amin dan Wahid.

"Dikatakan tugas pengawalan sampai Cimahi. Begitu Fuad Amin di kamar Wahid Husen bilang 'kok orangnya di situ, padahal bilang di tol dari Jakarta ke rumah sakit' saya yakin ada hubungan Fuad Amin dan Wahid," kata jaksa membacakan BAP Joaquim.

Sayangnya memang tak dijelaskan dari mana Fuad Amin sampai-sampai Wahid menyebut Fuad dari Jakarta sebelum ke rumah sakit.

Soal Fuad Amin pelesiran bukan hanya diungkapkan pada sidang hari ini. Dalam dakwaan Wahid Husen juga disebutkan Fuad pernah keluar lapas untuk mengunjungi kediamannya di sebuah rumah mewah di kawasan Dago.


Tonton juga video 'Mengintip Bendungan Pengendali Banjir Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]


Cerita Pengawal 'Dikelabui' Fuad Amin yang Pelesiran Keluar Sel
(dir/bbn)