DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 16:31 WIB

Kunjungi Lokasi Puting Beliung, Bupati Bandung: Bantuan Sudah Turun

Wisma Putra - detikNews
Kunjungi Lokasi Puting Beliung, Bupati Bandung: Bantuan Sudah Turun Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Bupati Bandung Dadang M Naser mengunjungi lokasi bencana angin puting beliung di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya, orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini didampingi Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan dan Dandim 0609 Kabupaten Bandung Letkol Arh Teguh Waluyo.

Bupati Bandung Dadang M Naser memastikan warga korban angin puting beliung sudah mendapatkan bantuan logistik dan makanan.

"Bantuan sekarang sudah berjalan, baik makan minum, dapur umum dan air bersih," katanya usai melakukan pemantauan, Sabtu (12/1/2019).



Terkait kerusakan rumah milik warga di kawasan perumahan, Dadang akan memanggil pihak pengembang.

"Untuk yang di komplek perumahan kami akan panggil pengembang karena ini masih dalam pemeliharaan perusahaan BTN. Bagi rumah penduduk yang ada di desa-desa (luar perumahan) akan kami tangani, akan dibantu untuk percepatan pemulihan hunian," ungkapnya.

Dadang berujar, untuk membersihkan puing-puing bangunan yang tersapu oleh angin puting beliung, warga dibantu oleh personel TNI dan Polri.

"TNI Polri turun tangan, BPBD, relawan sedang berjalan. Merapikan genting-genting yang tertiup angin, dipasang kembali. Gotong royong bersama warga," ujarnya.

Terkait aliran listrik yang masih padam karena kabel instalasi listrik banyak yang putus, Dadang mengatakan petugas PLN sudah turun tangan.

"Sudah ditangani PLN, ada beberapa titik yang belum nyala tapi ada juga sebagian yang sudah menyala," imbuhnya.

Kunjungi Lokasi Puting Beliung, Bupati Bandung: Bantuan Sudah TurunFoto: Wisma Putra




Dalam insiden ini, pihaknya belum dapat memperkirakan kerugian materi yang diderita warga. "Masih dalam pendataan, alhamdulillah juga tidak ada korban jiwa, ada yang luka-luka tapi sidah ditangani," tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan berujar, personel yang duterujan merupakan anggota gabunggan dari TNI Polri, Polres Bandung, Brimob Polda Jabar.

"1 SSK dari Polres Bandung, 2 SSK dari Brimob Polda Jabar, Dinas Kesehatan dan PLN juga ada. Kita utamakan, pengamanan rumah warga dan membantu membersihkan puing-puing bangunan sampai dengan selesai," pungkasnya.



Simak juga video 'Ganasnya Puting Beliung Luluh Lantakkan Rumah-rumah di Rancaekek':

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed