DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 15:05 WIB

Polisi Masih Dalami Motif Tukang Becak Bunuh Tetangganya di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Polisi Masih Dalami Motif Tukang Becak Bunuh Tetangganya di Cirebon Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Polisi masih mendalami motif pembunuhan yang dilakukan Saelani (49), penarik becak asal Cirebon yang tega menghabisi nyawa tetangganya, Alifah (51). Menurut keterangan warga sekitar, Saelani diduga mengalami gangguan kejiwaan.

Kapolsek Kedawung Polresta Cirebon Kompol Tutu Mulyana mengatakan dari hasil pemeriksaan sementara pelaku diduga mengalami gangguan kejiwaan. Polisi berencana melibatkan psikiater untuk proses pemeriksaan lanjutan.

"Hari Senin besok akan kita bawa ke RS Arjawinangun Cirebon. Kita akan lakukan pemeriksaan terkait kejiwaan pelaku. Karena tidak ada keterangan resmi dari pihak desa kalau pelaku ini alami gangguan kejiwaan atau tidak," ucap Tutu saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Sabtu (12/1/2019).

Tutu mengaku masih belum bisa menyimpulkan motif pembunuhan yang dilakukan pelaku. Saat ini, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi, termasuk keluarga korban yang berada di dalam rumah saat kejadian.

"Kita masih kembangkan. Nanti tunggu hasil pemeriksaan kejiwaan pelaku dulu," katanya.



Sementara itu, Maemunah (33) anak pertama korban mengaku keluarganya tak memiliki masalah dengan pelaku. Bahkan, lanjut dia, keluarganya sering berkomunikasi dengan pelaku.

Maemunah menilai pelaku tak memiliki gangguan kejiwaan. "Ya kalau gila masa iya bisa kerja (penarik becak), orangnya gak gila kok," ucap Maemunah saat berbincang dengan detikcom di kediaman korban di Desa Tuk, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Maemunah menceritakan keluarganya sempat bermasalah dengan pelaku terkait tanah. Pasalnya, tanah yang diklaim milik pelaku dijadikan jalan umum menuju kediaman korban.

"Ya soal tanah itu kan buat jalan umum ke tempat pemakaman. Pernah ribut tapi sudah lama banget. Sekarang sudah tidak ribut. Sering kita kasih kopi, mengobrol dan lainnya. Ya tiba-tiba begini," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Alifah (51) warga Desa Tuk, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat tewas di tangan tetangganya, Saelani (49). Alifah tewas dalam kondisi penuh luka bacok.

Kapolsek Kedawung Polresta Cirebon Kompol Tutu Mulyanan membenarkan adanya kejadian tersebut. Tutu mengatakan Alifah tewas saat dilarikan ke rumah sakit.

"Kejadiannya tadi malam, sekitar pukul 22.00 WIB. Pelaku mendatangi rumah korban sambil membawa golok, masuk ke rumah korban melalui jendela," kata Tutu.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed