DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 10:51 WIB

Polrestabes Bandung Hidupkan Kembali Gerakan Poskamling

Tri Ispranoto - detikNews
Polrestabes Bandung Hidupkan Kembali Gerakan Poskamling Foto: Dokumen Humas Kota Bandung
Bandung - Di tengah kehidupan modern kegiatan Pos Keamanan Keliling (Poskamling) atau ronda warga sudah jarang dilakukan, terlebih di pusat kota seperti Kota Bandung. Padahal kegiatan turun temurun itu sangat membantu dalam menciptakan keamanan lingkungan sekitar.

Untuk itu Polrestabes Bandung kembali menghidupkan kegiatan tersebut dengan menggelar Apel Poskamling diikuti oleh ribuan warga yang sehari-hari bertugas sebagai keamanan di wilayahnya.

"Kita harapkan kegiatan ini dapat memotivasi masayarakat untuk mau berpartisipasi menjaga keamanan di lingkungan masing-masing," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Irman Sugema usai apel di Mapolrestabes Bandung, Sabtu (12/1/2019).

Irman juga berharap keberadaan Poskamling bisa menjaga keamanan mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan, kecamatan hingga kota. "Mudah-mudahan Bandung menjadi kota yang kondusif," katanya.

Selain itu, ia juga menitipkan agar kondusifitas terus dijaga terlebih memasuki Pileg dan Pilpres 2019 yang tinggal hitungan bulan. Diharapkan Poskamling bisa menjadi garda terdepan dalam mencegah perselisihan antar pendukung.

"Dan diharapkan Poskamling ini menjadi jenjang informasi sampai ke Polrestabes," ucapnya.

Polrestabes Bandung Hidupkan Kembali Gerakan PoskamlingFoto: Dokumen Humas Kota Bandung


Di tempat yang sama Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap Poskamling bisa memberikan kontribusi positif dalam pencegahan konflik dan kriminalitas di lingkungan masing-masing.

"Mang Oded berharap, partisipasi masyarakat dalam menjaga Bandung kondusif terus dilakukan dan meningkat. Juga saya berharap Poskamling ini aktif kembali sebagai garda terdepan dalam menjaga kamtibmas," ujarnya.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed