Pemkab Cirebon Siapkan Rp 426 Juta untuk Korban Puting Beliung

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 05 Jan 2019 14:28 WIB
Pemberian bantuan untuk korban terdampak puting beliung di Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Pemkab Cirebon menggelontorkan bantuan senilai Rp 426 juta untuk menangani bencana puting beliung yang menerjang Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kepala BPBD Kabupaten Cirebon Dadang Suhendar menyebutkan bantuan untuk korban yang terdampak puting beliung dicairkan pada hari ini.

Bantuan senilai Rp 426 juta itu bersumber dari APBD dan instansi swasta. "Totalnya (bantuan) Rp 426 juta, disesuaikan dengan aturan. Bantuan ini diserahkan kepada seluruh korban yang terdampak puting beliung," kata Dadang saat berbincang dengan detikcom di Balai Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Sabtu (5/1/2019).


Dadang menjelaskan dari hasil pendataan total rumah yang terdampak puting beliung yang sebelumnya berjumlah 165 rumah berubah menjadi 247 rumah. Dari 247 rumah yang terdampak, menurut dia, 6 rumah di antaranya tercatat mengalami rusak berat atau rata dengan tanah. Sedangkan, untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan sebanyak 231 rumah, sisanya rumah yang masuk kategori rusak sedang.

"Untuk rumah yang rusak berat bantuannya Rp 15 juta. Untuk rumah rusak kategori sedang bantuannya Rp 10 juta, dan untuk rumah rusak ringan bantuannya Rp 1 juta," kata Dadang.


Menurut dia, pihaknya memberikan santunan Rp 5 juta kepada keluarga Herdiyanto, bocah empat tahun yang tewas tertimpa reruntuhan puing bangunan akibat puting beliung.

"Bantuan ini hanya stimulus, nanti dibantu juga oleh donatur-donatur. Untuk yang ringan-ringan itu kan bisa buat ganti genting dan lainnya," ucap Dadang.



Saksikan juga video 'Imbas Puting Beliung Cirebon: 165 Rumah Rusak, 1 Bocah Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



Pemkab Cirebon Siapkan Rp 426 Juta untuk Korban Puting Beliung


(bbn/bbn)