Asik, Angkot di Ciamis akan Dilengkapi AC

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 04 Jan 2019 11:17 WIB
Foto: Dadang Hermansyah
Bandung - Kabar gembira bagi masyarakat Ciamis yang sering menggunakan jasa angkutan kota (Angkot). Dalam waktu dekat ini, Angkot bakal dilengkapi dengan fasilitas pendingin atau AC (air conditioner).

Hal itu sesusai dengan peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 Tahun 2015 Tentang standar minimal angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum dalam trayek, salah satunya penerapan fasilitas AC yang diberlakukan sejak Bulan Februari 2018. Namun para pengusaha angkutan di Ciamis baru akan menerapkannya di tahun 2019 ini.

Sejumlah daerah diketahui telah menerapkannya. Kini sejumlah pengusaha di Ciamis mengaku telah siap memasang AC pada armada angkotnya masing-masing, supaya tidak ketinggalan dengan daerah lain.

Tatang Aceng Kendar, salah satu pengusaha angkutan umum di Ciamis mengaku telah siap memasang AC di sejumlah angkot miliknya. Bahkan saat ini ia tengah mempersiapkan angkot khusus, karena angkot ber AC tersebut pintunya harus ditutup berbeda dengan angkot yang saat ini ada. Namun ia akan memasang secara bertahap sesuai kemampuan.

Menurut Tatang saat ini transportasi angkot butuh inovasi supaya tidak ditinggalkan masyarakat. Salah satu kebutuhan yang mendasar adanya fasilitas AC. Bahkan tidak menutup kemungkinan ke depan akan dilengkapi jaringan internet nirkabel atau jaringan Wifi.

"Memang sudah menjadi suatu kebutuhan, adanya inovasi supaya tidak ketinggalan jaman, demi kenyamanan pengguna angkot," ujar Tatang saat di kantornya Jumat (4/1/2019).

Tatang mengakui tarif angkot dengan fasilitas AC akan ada perbedaan dengan yang tidak. Untuk tarif tersebut akan ditentukan oleh Organda Ciamis yang saat ini masih dalam pembahasan. Ia berharap supaya angkot fasilitas AC bisa segera dioperasikan awal tahun 2019 ini.

"Untuk masalah tarif pasti ada perbedaan dengan angkot biasa, tapi itu tergantung dari Organda. Kami menunggu pembahasan Organda seperti apa, karena yang menentukan tarif angkutan itu Organda sesuai pertimbangan yang ada," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Organda Ciamis Ekky Bratakusuma mengatakan saat ini pihak Organda bersama Dishub Ciamis membahas persiapan angkot berpendingin tersebut. Karena angkot dengan AC itu semula digagas oleh Organda. Namun banyaknya kendala dan pertimbangan belum terealisasi di tahun 2018 lalu.

"Adanya angkot dilengkapi AC juga merupakan salah satu pilihan. Dengan banyaknya masyarakat menggunakan transportasi angkot bisa menekan angka kecelakaan, terutama kecelakaan dari sepeda motor," katanya.

Dalam waktu dekat, upaya yang dilakukan menjadikan beberapa angkot sebagai contoh angkot dengan AC di Ciamis. Menurut Ekky sudah ada beberapa pengusaha angkot yang siap memasang AC di angkotnya.

Penerapan angkot dengan fasilitas AC tersebut tidak bisa dipaksakan, namun dilaksanakan bertahap sesuai kemampuan para pengusaha angkutan umum.

Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis Eddy Yulianto mengatakan angkot dengan fasilitas AC di Ciamis sedang dalam tahap persiapan bersama Organda. Fasilitas AC di angkot sangat diperlukan untuk memberi rasa nyaman kepada masyarakat pengguna jasa angkot.

"Angkot dengan fasilitas AC salah satu upaya untuk meningkatkan standar pelayanan angkutan umum supaya tidak ditinggalkan pengguna, memberikan kenyamanan kepada masyarakat," pungkasnya. (ern/ern)