Detik-detik Puting Beliung yang Tewaskan Bocah 4 Tahun di Cirebon

Sudirma - detikNews
Senin, 31 Des 2018 14:01 WIB
Foto: Sudirman Wamad
Cirebon - Herdiyanto, balita empat tahun tewas tertimpa reruntuhan rumah akibat puting beliung yang menerjang Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (30/12/2018) sore.

Herdiyanto merupakan anak sulung dari pasangan suami istri (pasutri), Suheryanto (38) dan Dayanti (26). Raut wajah Dayanti nampak murung. Anak sulungnya itu tak berhasil diselamatkan saat puting beliung menerjang rumahnya di Blok Karang Poncol, Desa Panguragan Kulon, Kecamatan Panguragan, Jawa Barat.

Dayanti tak menyangka musibah menimpa keluarganya yang baru saja merasakan bahagia. Ya, Dayanti baru saja melahirkan anak keduanya pada Selasa (25/12/2018) kemarin. Tepat pada perayaan natal kemarin, anak keduanya lahir. Kini usianya baru enam hari.

"Yang tidak selamat itu Herdiyanto, usianya empat tahun. Adiknya, yang usia enam hari ini selamat," kata Dayanti sembari menggendong bayinya yang belum ia namai itu saat berbincang dengan detikcom di rumah saudaranya di Desa Panguragan Wetan, Senin (31/12/2018).

Dayanti dan keluarganya mengungsi di rumah saudaranya. Rumahnya rata dengan tanah akibat diterjang puting beliung. "Saya baru bangun rumah delapan bulanan yang lalu," ucapnya.

Dayanti menceritakan awal mulai angin puting beliung yang menjemput Herdiyanto pergi selamanya. Menurut Dayanti, angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Dayanti baru saja bisa berjalan pasca melahirkan itu bergegas keluar rumah untuk melihat angin puting beliung.

"Waktu itu keluarga lagi kumpul, ada sembilan orang di dalam rumah. Sempat keluar dulu lihat angin. Kebetulan mertua saya lagi menengok anak saya yang kedua ini," kata Dayanti.
Dayanti menceritakan awalnya sekeluarga sempat ingin keluar rumah untuk menyelamatkan diri dari amukan puting beliung. Namun, Dayanti dan keluarganya mengurungkan niatnya untuk keluar rumah. Herdiyanto dan bayinya menjadi alasan Dayanti untuk menetap di rumah.

"Kita masuk lagi. Kasihan ada anak-anak di dalam rumah. Kita selamatkan anak-anak, ibu saya gendong anak saya yang kedua. Suami saya memegang Herdiyanto," kata Dayanti.
Detik-detik Puting Beliung yang Tewaskan Bocah 4 Tahun di CirebonFoto: Sudirman Wamad


Bruk!. Atap rumah Dayanti pun ambruk. Ya, sembilan orang dalam keluarga itu tertimpa reruntuhan. Dayanti mengalami luka di bagian kepalanya, begitupun dengan suami dan keluarganya.