DetikNews
Jumat 28 Desember 2018, 09:08 WIB

Ragam Pembangunan di Kota Bandung Sepanjang Tahun 2018

Tri Ispranoto - detikNews
Ragam Pembangunan di Kota Bandung Sepanjang Tahun 2018 Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Pembangunan infrastruktur di antaranya ruang publik di Kota Bandung terus digenjot. Sepanjang tahun ini beragam pembangunan dengan berbagai fungsi telah dilakukan.

Saat itu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung meresmikan Alun-alun Cicendo. Keberadaan tempat ini diharapkan bisa memecah konsentrasi wisatawan terutama di Kota Bandung bagian barat.

Alun-alun RegolAlun-alun Regol Foto: Tri Ispranoto


Satu bulan berselang, Ridwan Kamil kembali meresmikan ruang publik baru. Kali ini Alun-alun Regol tepatnya pada 7 Februari 2018. Alun-alun atau taman ini cukup unik karena konsep yang dibuat adalah taman air dengan sejumlah kolam anak. Hal itu tak lepas dari lokasinya yang dilintasi oleh aliran Sungai Cikapundung.

Selanjutnya pada 13 Februari 2018, Ridwan Kamil meresmikan Tol Air Pagarsih yang diklaim sebagai solusi penanganan banjir Sungai Citepus yang meluap ke Jalan Pagarsih. Belakangan cara tersebut dinilai kurang efektif. Bahkan pasca ada tol air, warga yang tidak pernah kebanjiran kini rumahnya terendam nyaris dua meter.

Pembangunan Tol Air PagarsihPembangunan Tol Air Pagarsih Foto: Tri Ispranoto


Pada 21 Agustus 2018, Ridwan Kamil meresmikan dimulainya pembangunan Teras Cihampelas tahap dua senilai Rp 23 miliar. Pembangunan yang meneruskan bangunan sebelumnya ini memiliki panjang 250 meter dengan lebar 7 hingga 16,4 meter. Rencananya Teras Cihampelas tahap dua akan selesai pada awal tahun nanti.

Masih hari yang sama, pria yang karib disapa Emil itu juga memulai pembangunan Kolam Retensi Sirnaraga. Kolam seluas 6.491,52 meter2 itu dibangun sebagai upaya meminimalisir banjir di aliran Sungai Citepus.

Selain berfungsi sebagai rem air pada musim hujan, kolam dengan nilai pembuatan Rp 5,45 miliar ini bisa difungsikan sebagai lapangan dan pusat kegiatan jika musim kemarau. Saat ini kolam tersebut sudah hampir selesai dibangun dan diuji coba. Hasilnya belum terlihat secara signifikan. Bahkan ada rencana akan dibuat kolam retensi tahap dua untuk menampung air lebih besar.

Setelah Emil selesai menjabat dan dilantik sebagai Gubernur Jabar, pembangunan di Kota Bandung tetap berlanjut. Kali ini Oded yang semula wakil Emil, naik menjadi Wali Kota Bandung.

Dalam program 100 hari kerjanya, Oded telah meresmikan Museum Kota Bandung yang berada di Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu 31 Oktober 2018. Di tempat tersebut pengunjung bisa melihat dan belajar mengenai sejarah Kota Bandung. Hanya saja, pembuatan museum tersebut belum selesai. Sehingga baru ada dua ruangan yang dibuka untuk umum.

Selain Museum Kota Bandung, pada hari yang sama Oded juga meresmikan Teras Sunda Cibiru. Tempat tersebut memiliki fungsi sebagai markas sekaligus ruang pentas para seniman dari berbagai penjuru dunia khususnya Kota Bandung.

Hingga penghujung tahun 2018 belum ada lagi pembangunan atau peresmian yang dilakukan. Kemungkinan pembangunan atau peresmian akan dimulai pada awal tahun 2019 atau setelah Oded mengakhiri program 100 hari pertama kerja.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed