detikNews
Rabu 26 Desember 2018, 14:31 WIB

Laporan Dentuman Tadi Malam, BMKG Bandung Duga Ini Sumbernya

Mochamad Solehudin - detikNews
Laporan Dentuman Tadi Malam, BMKG Bandung Duga Ini Sumbernya Ilustrasi foto petir/Foto: unsplash
Bandung - Suara dentuman yang terdengar di sejumlah wilayah di Jabar dan Sumatera Selatan masih misterius. BMKG Bandung juga menerima laporan dari masyarakat terkait suara misterius yang terdengar bergemuruh tadi malam.

Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya menuturkan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang mendengar suara gemuruh di wilayah Bandung. Dari laporan yang diterima suara itu terdengar pada, Selasa (25/12/2018) pukul 23.28 WIB, 23.37 WIB dan 23.52 WIB.

Dari hasil analisis yang dilakukan, dia menjelaskan suara tersebut diperkirakan suara petir. Karena saat ini sedang musim hujan dan di wilayah Jabar terdapat kumpulan awan-awan konektif yang berpotensi terjadi suara gemuruh, petir serta hujan.

"Dari analisa alat lightning Detector (alat untuk memantau aktivitas petir) milik BMKG yang dioperasikan di Lembang dan dapat memantau seluruh wilayah Jawa Barat. Bahwa pada jam tersebut telah terjadi petir di Barat dan Tenggara wilayah Bandung," katanya, melalui pesan singkat, Rabu (26/12/2018).

Tony menyatakan, analisis yang dilakukannya itu merupakan hasil laporan dari masyarakat. Dia tidak ingin mengaitkan dengan suara dentuman misterius yang terdengar di sejumlah wilayah di Jabar dan Sumatera Selatan dalam beberapa hari terakhir ini.

"Kami hanya mendapat info masyarakat yang tadi malam mendengar suara gemuruh dari arah barat dan masyarakat mencatat jam kejadiannya," ucap dia.

Pihaknya juga mengaku, sampai saat ini belum mendapat informasi rekaman suara gemuruh atau dentuman yang didengar oleh masyarakat. Sehingga pihaknya tidak tahu suara persis yang didengar masyarakat tersebut.

"Sampai sekarang tidak ada info dari masyarakat rekaman suaranya seperti apa. Info harus jelas, sumber dan isinya. Jangan ditambahi atau dikurangi," ujarnya.
(mso/ern)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com