DetikNews
Rabu 19 Desember 2018, 17:35 WIB

Oded Wacanakan Bangun Rusun untuk Alihkan Warga Bantaran Sungai

Tri Ispranoto - detikNews
Oded Wacanakan Bangun Rusun untuk Alihkan Warga Bantaran Sungai Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mewacanakan membangun rumah susun (rusun) sebagai solusi mengalihkan warga yang tinggal dari bantaran sungai ke tempat yang lebih layak.

"Jangka panjangnya, insyallaah saya berharap nanti kita membuat program rusun. Kalau rusun sudah dibuat, saya berharap mereka bisa pindah ke rusun," ujar Oded, Rabu (19/12/2018).

Untuk sementara, Oded mengimbau agar warga yang masih betah dan bertahan tinggal di bantaran sungai untuk lebih waspada. Sebab dikhawatirkan terjadi longsor atau ambles saat curah hujan tinggi.

Oded memastikan pemerintah terus berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Kementerian Pekerjaan Umuk guna meminimalisir dampak banjir di Kota Bandung. "Mengatasi banjir itu hanya tiga. Menjauhkan masyarakat dari titik banjir, relokasi. Kemudian kita mengupayakan membangun lingkungan banjir supaya tidak banjir lagi tapi itu butuh biaya mahal. Ketiga, mereka tetap harmoni dengan banjir itu," katanya.

Untuk jangka pendek, Oded meminta Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung untuk normalisasi sungai. Hanya saja karena keterbatasan alat dan pekerja maka tidak bisa dilakukan secara bersamaan.

"Bahkan yang uniknya ada keterbatasan nonteknis, ketika kita mau memasukkan alat (berat) ke sungai tidak ada jalan untuk masuk. Nah ini juga dengan Pak Arif (Kadis PU) sedang memikirkan ini," ucapnya.

Pihaknya berharap koordinasi pemerintah, BBWS dan Kementerian PU dapat memecahkan masalah banjir di Kota Bandung. "Jadi intinya semangat kita insyaalah pengerukan sedimentasi akan terus dilakukan. Begitu ada kendala, kita pecahkan bersama tentunya bersama," tutur Oded.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed