DetikNews
Rabu 19 Desember 2018, 11:47 WIB

Sakit Kaki Gajah, Warga Sumedang Butuh Pengobatan dan Rutilahu

Wisma Putra - detikNews
Sakit Kaki Gajah, Warga Sumedang Butuh Pengobatan dan Rutilahu Yuyu diduga menderita penyakit kaki gajah. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Sumedang - Yuyu (64) seorang warga Kabupaten Sumedang, Jabar diduga mengidap penyakit filariasis atau kaki gajah. Penyakit itu dideritanya hampir 10 tahun.

Ditemui di kediamannya, Rabu (19/12/2018), di Dusun Pasir, RT 03 RW 05, Desa/Kecamatan Rancakalong, Yuyu mengatakan kondisi kakinya setiap hari dirasakan semakin membesar.

"Sudah 10 tahun, awalnya seperti kesemutan selesai bekerja (bersihkan) empang," kata Yuyu ditemani istrinya Tasih (54).

Sakit Kaki Gajah, Warga Sumedang Butuh Pengobatan dan RutilahuFoto: Wisma Putra

Ia mengungkapkan, setelah bekerja kaki sebelah kanannya mulai bengkak. Kemudian timbul benjolan yang terus membesar dan mengakibatkan kakinya menyerupai kaki gajah.

"Terus membesar, kesemutan, juga gatal. Pernah dibawa ke rumah sakit Sumedang tapi sekarang malah membesar lagi," katanya.

Awalnya Yuyu bekerja sebagai buruh tani. Namun sejak kakinya membengkak sulit untuk bekerja kembali. Meski begitu ia harus bekerja demi menafkahi istrinya.

Untuk makan sehari-hari bersama istrinya, tak jarang ia kerap mendapatkan uluran tangan dari tetangganya. Banyak tetangga yang iba terhadapnya dengan memberi makan setiap hari.

"Dulu suka ke sawah, sekarang gini saja. Kadang kalau kemarau suka memungut daun cengkeh, dijual Rp 10 ribu," ucapnya.

Meski kakinya itu membesar, namun tubuhnya dirasa masih tetap sehat. Tak jarang untuk menghilangkan jenuh ia kerap berjalan-jalan ke rumah tetangganya sekadara untuk mengobrol.

Saat ini Yuyu tinggal di bilik panggung yang sudah rapuh dan harus segera diperbaiki bersama sang istri karena tak memiliki anak.

"Alhamdulillah, disyukuri saja segini juga," ucapnya.

Beberapa waktu lalu Yuyu sempat didatangi oleh Wabup Sumedang Erwan Setiawan untuk memberikan bantuan kebutuhan sehari-hari. Selain itu Yuyu juga dijanjikan akan dibawa ke rumah sakit untuk diobati.

Sakit Kaki Gajah, Warga Sumedang Butuh Pengobatan dan RutilahuFoto: Wisma Putra

Tetangga Yuyu, Mamat (52), mengatakan Wabup Erwan datang pada Selasa 18 Desember kemarin. Selain memberi bantuan untuk sehari-hari dan janji pengobatan, Erwan juga saat itu mengatakan akan memperbaiki rumah (Rutilahu) Yuyu.

"Kemarin pas kunjungan (wakil bupati) akan dibedah rumahnya. Mudah-mudahan rumah Pak Yuyu segera diproses, cepat dibedah," ujar Mamat.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed