detikNews
Rabu 12 Desember 2018, 13:08 WIB

Layanan Kepolisian di Sukabumi Kini Tak Lagi Bikin Bete

Syahdan Alamsyah - detikNews
Layanan Kepolisian di Sukabumi Kini Tak Lagi Bikin Bete Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi -
Polres Sukabumi Kota meraih penghargaan pelayanan Publik Kategori Sangat Baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) pada Selasa (11/12/2018).

Ada enam aspek yang mendapat penilaian cukup baik, di antaranya kebijakan pelayanan, profesionalitas SDM, inovasi, sarana dan prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) serta konsultasi dan pengaduan.

Detikcom mencoba menyambangi salah satu area yang paling menonjol dan mendapat penilaian baik dari Kemenpan RB, salah satunya Gedung Paramasatwika. Di dalam gedung tersebut, terdapat nyaris semua sektor pelayanan publik kepolisian.

Layanan yang bisa didapat masyarakat di gedung tersebut antara lain pelaporan masyarakat, SKCK, surat izin kegiatan masyarakat, pelayanan senjata api dan bahan peledak, pelayanan orang asing, sidik jari, kesehatan, konsultasi hukum hingga komplain atau pengaduan masyarakat terkait layanan kepolisian.

"Enggak lagi bete, harus nunggu lama atau bingung cari tempat yang di tuju. Dulu saya pernah bikin SKCK lokasinya terpisah-pisah antara sidik jari sampai test kesehatan, kalau sekarang semua berada di satu tempat tidak lagi muter-muter," kata Agung Dermawan, salah seorang warga saat ditemui detikcom, Rabu (12/12/2018).

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo menjelaskan Gedung Paramasatwika adalah Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) di mana semua layanan kepolisian terpusat di satu tempat.

"Bentuknya layanan terpadu, meringkas aturan birokrasi. Setiap ruang ada petugas yang siap memberikan pelayanan, jadi masyarakat tidak lagi harus muter-muter cari ruangan ketika berhubungan dengan kepolisian," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo, saat berbincang dengan detikcom Rabu (12/12/2018).

Pelayanan SKCK dan beberapa layanan lain cukup melalui loket, masyarakat ketika diminta untuk menunggu proses selanjutnya bisa duduk-duduk di kursi menikmati kopi gratis atau membaca buku yang disediakan di tempat tersebut.

Ada tugas yang memerlukan koneksi internet? Di ruangan ini juga tersedia akses internet gratis lengkap dengan tempat charger ketika baterai ponsel habis. Selain itu ada juga ruangan menyusui dan arena bermain anak-anak.

Selain itu, gedung ini juga terbilang ramah difabel ada beberapa unit kursi roda dan layanan khusus bagi penyandang disabilitas yang ingin mendapat pelayanan kepolisian.

"Penghargaan yang diberikan Kemenpan RB tidak lantas membuat kami berpuas hati dalam menjalankan tugas kepolisian. Kami juga akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan dengan kualitas yang lebih baik dan bisa dirasakan masyarakat secara nyata," tandasnya.

Gedung Paramasatwika sendiri diresmikan oleh Kapolda Jabar pada pertengahan tahun ini. Lokasinya berada di sebelah selatan area Mapolres Sukabumi Kota dari pintu masuk utama, lahan parkir yang luas, fasilitas publik hingga ATM juga tersedia di area gedung tersebut.

(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com