detikNews
Selasa 11 Desember 2018, 13:14 WIB

Hendropriyono: KKB di Papua Teroris, Harus Dimusnahkan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Hendropriyono: KKB di Papua Teroris, Harus Dimusnahkan AM Hendropriyono (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung Barat - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono angkat bicara soal kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang menewaskan pekerja Trans Papua. Dia menyebut KKB tersebut bukan kelompok kriminal biasa, melainkan teroris yang wajib ditumpas.

"Itu OPM (Organisasi Papua Merdeka) sudah memasuki tahap kehancurannya sendiri. Dia bukan organisasi atau kelompok kriminal biasa seperti tukang copet, bukan. Dia adalah teroris dan musuh dari seluruh dunia, bukan hanya bangsa kita," kata Hendropriyono saat ditemui di Sespim Polri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (11/12/2018).

Jadi ini kerikil tajam dan kelompok yang memang harus kita musnahkan.Mantan Kepala BIN AM Hendropriyono

KKB pimpinan Egianus Kogoya tersebut sebagai teroris bukan tanpa alasan. Hendropriyono menilai aksi mereka sangat keji dengan membunuh orang-orang tak bersalah.

"Mereka telah membunuh orang yang tidak berdosa, tidak bersalah, tidak mengerti apa masalah. Orang yang kerja membangun infrastruktur di daerahnya dibunuh. Artinya dia membunuh innocent person. PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) menyatakan membunuh innocent person itu adalah teroris. Jadi dia harus masuk dalam daftar teroris dan jadi musuh dunia," tuturnya.


Dia menyebut tujuan dari kelompok ini ialah memisahkan diri dari Indonesia. Namun dari penilaiannya, kelompok ini justru berjuang untuk dirinya sendiri, bukan untuk nama rakyat.

"Saya rasa ini mereka petualang untuk diri sendiri dan kelompoknya. Bukan untuk rakyat. Rakyat Irian semua nasionalis, di situ ada gubernur putra daerah, yang memerintah putra daerah semua. Jadi ini kerikil tajam dan kelompok yang memang harus kita musnahkan," ujar Hendropriyono.



Simak Juga 'Komnas HAM Kecam Penembakan KKB di Proyek Jembatan Papua':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com