DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 16:45 WIB

Beri Kesempatan Ketiga, ITB Buka Jalur Seleksi Mandiri 2019

Mukhlis Dinillah - detikNews
Beri Kesempatan Ketiga, ITB Buka Jalur Seleksi Mandiri 2019 Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Mindriany Syafila/Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Institut Teknologi Bandung untuk pertama kalinya akan melaksanakan seleksi mandiri (SM) di tahun 2019. Kesempatan ketiga ini diberikan untuk lulusan SMA sederajat berprestasi yang tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN.

Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Mindriany Syafila mengatakan seleksi mandiri ini diprioritaskan kepada siswa-siswi yang memiliki nilai tinggi namun tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN.

"Misalnya SNMPTN IP nya diprediksi di atas 3. Kemudian yang di SBMPTN tidak keterima juga, tapi dia (nilainya) melewati passing grade ITB, sayang kan. Makanya kita memberi kesempatan ketiga (SM ITB)," kata Mindriany kepada wartawan di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin (10/12/2018).

Menurutnya meski tidak lolos seleksi nasional, siswa-siswi yang punya nilai mumpuni bisa berkuliah di ITB. Sebab bukan tidak mungkin mereka yang tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN mengubah jurusan lain yang lebih kompetitif di SM ITB.

"Misal ada anak milih STEI, itu passing grade tinggi banget tapi tidak keterima, kemudian dia berpikir milih jurusan lain mungkin bisa masuk (SM ITB) karena nilainya tinggi," jelas dia.

Beri Kesempatan Ketiga, ITB Buka Jalur Seleksi Mandiri 2019Foto: Mukhlis Dinillah


ITB memberikan sejumlah syarat untuk siswa-siswi yang ingin mengikuti SM ITB 2019. Pertama, memiliki nomor induk siswa nasional. Selain itu, memiliki data prestasi akademik yang terdaftar di pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS).

"Serta mengikuti SNMPTN dan SBMPTN tahun 2019 (mempunyai nilai ujian tulis berbasis komputer)," tutur dia.

SM ITB juga berlaku bagi lulusan tahun 2017 dan 2018. Namun, dengan catatan tetap mengikuti SBMPTN 2019. Pendaftaran untuk SM ITB dimulai 15 Juni - 12 Juli 2019 melalui website www.usm.itb.ac.id.


(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed