DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 15:04 WIB

Lahan Perkebunan di Jabar Disulap Jadi Destinasi Wisata

Mochamad Solehudin - detikNews
Lahan Perkebunan di Jabar Disulap Jadi Destinasi Wisata Sekda Jabar Iwa Karniwa (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar membidik lahan perkebunan agar bernilai ekonomi. Salah satunya membidik lahan perkebunan menjadi destinasi wisata yang ramah lingkungan.

"Kita akan tingkatkan lahan-lahan perkebunan untuk disulap menjadi destinasi wisata, tapi tetap ramah lingkungan," kata Sekda Jabar Iwa Karniwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (10/12/2018).

Menurut Iwa, perkebunan merupakan sektor strategis yang bisa menggerakkan roda ekonomi di masyarakat. Apalagi Jabar memberi kontribusi terbesar di sektor perkebunan secara nasional.

"Sejak zaman Belanda sampai sekarang kontribusi terbesar ke nasional adalah Jawa Barat," ucapnya.

Iwa ingin menjadikan peringatan Hari Perkebunan ke-61 sebagai momentum kebangkitan perkebunan khususnya di Jabar dan nasional. Karena sektor perkebunan bisa mendorong ekonomi di masyarakat.

"Perkebunan salah satu sektor strategis untuk bisa mempercepat kesejahteraan masyarakat. Khususnya meningkatkan ekonomi masyarakat dalam mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya saing ekonomi masyarakat," tuturnya.

Menurut Iwa, salah satu potensi unggulan di Jabar ialah kopi. Indonesia saat ini saja berada di peringkat 4 produsen kopi dunia dengan jumlah produksi sebesar 600 ribu ton atau sekitar 6,6 persen dari produksi kopi dunia.

"Ini adalah potensi yang harus terus menerus dikembangkan. Dalam beberapa tahun terakhir kopi Jawa Barat berhasil meraih penghargaan bergengsi di dunia," kata Iwa.
(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed