800 Polisi Kawal Pesta Tahun Baru di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 07 Des 2018 18:47 WIB
Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Polresta Cirebon kerahkan 800 personel dalam pengamanan perayaan pesta tahun baru nanti. Seluruh personel tersebut bakal disebar di beberapa titik.

Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy mengaku saat ini tengah intens menggelar operasi penyakit masyarakat (pekat) menjelang pesta perayaan tahun baru. "Ada 800 personel yang akan diterjunkan. Sekarang kita sudah mulai pengamanan, mulai operasi di beberapa lokasi," ucap Roland usai simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (7/12/2018).

Menurut dia, pengamanan dalam pesta perayaan tahun baru dilakukan di sejumlah lokasi, seperti mal, alun-alun, tempat keramaian lainnya, dan obyek vital.

"Pastinya Cirebon akan penuh saat pesta perayaan tahun baru nanti. Selain pengamanan, kita juga menyiapkan rekayasa lalu lintas," katanya.

Sementara itu, dalam acara simulasi polisi melakukan lima skenario, yakni pencurian kotak suara, polisi berhasil melumpuhkan komplotan pencuri kotak suara, pengamanan masa kampanye, kerusuhan di TPS, dan antisipasi pergerakan massa saat rekapitulasi penghitungan suara.

Roland menjelaskan pihaknya menerjunkan 1.000 personel gabungan dalam pengamanan Pemilu 2019 mendatang. "Pelaksanaan simulasi ini sekaligus memberikan perhatian kepada masyarakat bahwa kami dengan instansi terkait dan TNI siap amankan Pemilu 2019. Tingkat kerawanan saat ini masih aman secara garis besarnya," tutur Roland. (bbn/bbn)