DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 23:48 WIB

Ridwan Kamil Luncurkan Jabar Masagi di Gedung Negara Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Ridwan Kamil Luncurkan Jabar Masagi di Gedung Negara Cirebon Kegiatan peluncuran program Jabar Masagi di Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Gubernur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan program Jabar Masagi di Gedung Negara Kota Cirebon. Program Jabar Masagi merupakan strategi Emil, sapaan Ridwan, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jabar.

Emil mengatakan Jabar Masagi memiliki makna sangat sempurna. Program Jabar Masagi, lanjut Emil, digali dari nilai-nilai budaya yang ada di Jawa Barat, seperti surti, harti, bukti, dan bakti.

"Surti itu kemampuan merasa, harti itu kemampuan untuk mengerti, bukti artinya melakukan, dan bakti artinya mudah untuk bersosialisasi atau berbakti. Anak-anak di Jawa Barat harus seperti itu, strateginya melalui Jabar Masagi," kata Emil saat acara meresmikan program Jabar Masagi, Rabu (5/12/2018) malam.

Emil menjelaskan nilai-nilai budaya tersebut menjadi benteng di tengah perkembangan zaman. Jabar Masagi, lanjut dia, merupakan perjalanan untuk menyiapkan anak-anak Jabar menjadi manusia unggul.

Ridwan Kamil Luncurkan Jabar Masagi di Gedung Negara CirebonGubernur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan program Jabar Masagi di Gedung Negara Kota Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Dia menjelaskan ada empat indikator yang bisa menjadikan anak-anak di Jabar memiliki kualitas unggulan, yakni sehat secara fisik, cerdas, berakhlak, dan religius. "Semuanya harus ditanamkan. Ada yang cerdas, sehat, tapi jahat. Ada juga yang religius, berakhlak, sehat, tapi kurang pintar. Keempatnya harus ada. Kenapa Jepang maju? Karena manusianya unggul," ucap Emil.

Selain Jabar Masagi, Emil mengatakan pihaknya akan meluncurkan Jabar Saber Hoax pada Kamis (6/12/2018). Acara Jabar Masagi itu dihadiri sejumlah kepala daerah di Jawa Barat.

"Benteng karakternya itu Jabar Masagi, nanti yang melawan hoax ada Jabar Saber Hoax," katanya.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed