DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 17:54 WIB

Ini Sensen Komara yang Disebut Pengikutnya Sosok Rasul

Hakim Ghani - detikNews
Ini Sensen Komara yang Disebut Pengikutnya Sosok Rasul Sensen Komara (Foto: istimewa)
Garut - Sensen Komara dianggap rasul dan presiden Negara Islam Indonesia (NII) oleh para pengikutnya. Sensen kini tinggal di rumahnya, kawasan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Sewaktu ditemui wartawan di rumahnya, Kampung Bayubud, Desa Sindangpalay, Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (5/12/2018), Sensen terlihat sehat. Perawakannya kurus.

Sepintas tidak ada yang aneh dari sosok Sensen. Dia terlihat seperti masyarakat pada umumnya. Ia kerap berbincang dengan para tetangga di sekitar rumahnya.

Dia irit bicara saat diwawancara sejumlah wartawan. Ia mengakui masih menjalankan aliran yang dipercayainya bersama para pengikut.

"Masih, masih (melakukan salat menghadap timur)," ucap Sensen singkat saat ditanya soal masih atau tidak melakoni alirannya.

MUI Garut menegaskan bahwa ajaran Sensen sesat. Ditanya apakan dia mengakui diri sebagai rasul, Sensen menajwab dengan dalil-dalil berbahasa Arab. Lantas bagaimana syahadat diajarkan Sensen?

"Ashyhadu allaa ilaaha illallah wa ashyhadu anna bapak Sensen Komara bin bapak Bahkar Misbah. Karena kan setiap nabi itu berbeda (syahadatnya)," kata Sensen.

Tidak banyak yang diperbincangkan Sensen. Nama Sensen mulai dikenal publik saat menjadi terdakwa kasus makar dan penistaan agama pada 2012.

Kasus itu berawal saat Sensen bersama sejumlah pengikutnya merayakan hari kelahiran Negara Islam Indonesia, 7 Agustus 2011. Sensen kemudian diciduk polisi saat itu.

Pada Juli 2012, Pengadilan Negeri Garut menyatakan Sensen telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan makar dan penistaan agama. Namun perbuatan yang Sensen lakukan tidak bisa dipertanggungjawabkan secara hukum lantaran berdasarkan hasil medis, Sensen terindikasi mengalami gangguan jiwa.

Majelis hakim saat itu kemudian mengganjar Sensen dengan hukuman rehabilitasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed