DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 16:15 WIB

Pemkot Bandung Ambil Alih Pengelolaan Pasar Baru

Tri Ispranoto - detikNews
Pemkot Bandung Ambil Alih Pengelolaan Pasar Baru Pasar Baru Bandung. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Polemik mengenai pengelolaan Pasar Baru Bandung terjawab sudah. Pasar yang habis masa pengelolaannya oleh PT Atanaka Persada Permai (APP) pada 29 Desember 2018 itu akan diambil alih pemerintah.

"Dikembalikan dulu ke kita. Baru nanti pengelolaan oleh PD Pasar atau ditenderkan lagi, itu nanti tidak ada masalah," ujar Wali Kota Bandung Oded M Danial kepada wartawan, Rabu (5/12/2018).

Oded berharap pengelolaan pasar yang menjadi salah satu tujuan wisata belanja bagi turis lokal dan mancanegara itu bisa lebih baik serta menguntungkan bagi pendapatan Pemkot Bandung.


Sementara itu PJ Dirut PD Pasar Bermartabat Kota Bandung Andri Salman sudah menyiapkan Rp 9 miliar untuk Pasar Baru. Uang tersebut nantinya akan digunakan sebagai asuransi, perbaikan elektrik hingga fisik yang tidak dilakukan oleh pengelola sebelumnya.

"Jadi alokasi yang Rp 9 miliar itu saya alokasikan untuk cadangan Pasar Baru, bisi ninggalkeun barang butuh. Sekarang kita genjot untuk memperbaiki detail plafon, surat menyurat, eskalator aya bohak minta diperbaiki dan lain-lain," katanya.


Menurut Andri, ada beberapa hal yang membuat alih kelola dilakukan. Di antaranya pengelola lama melanggar kesepakatan dengan menjual lorong tempat pameran menjadi toko. Padahal lorong tersebut adalah jalur evakuasi kebakaran.

"Itu harta karun Pemkot. Kalau pendapatan operasionalnya habis untuk bulanan gaji dan PD Pasar. Tapi untuk penjualan aset milik Pemkot dan itu transparan," ujar Andri.

Sekadar diketahui, mantan Dirut PD Pasar Bermartabat Ervan Maksum menyebut seharusnya Pasar Baru bisa menghasilkan Rp 3,6 triliun selama 30 tahun. Namun pada kenyataannya Pasar Baru yang dikelola oleh PT APP hanya mampu menghasilkan Rp 3,6 miliar.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed