DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 16:04 WIB

11 Pasar di Kota Bandung Direvitalisasi

Tri Ispranoto - detikNews
11 Pasar di Kota Bandung Direvitalisasi Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Pemkot Bandung bakal merevitalisasi 11 pasar dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Untuk 2019, dua pasar yakni Astanaanyar dan Andir segera direvitalisasi melalui skema investasi.

PJ Dirut PD Pasar Bermartabat Kota Bandung Andri Salman mengatakan faktor APBD 2019 menjadi salah satu yang membuat tidak semua pasar bisa direvitalisasi serentak. Sehingga cara investasi dipilih untuk merevitalisasi di dua pasar tersebut.

"Sore ini kita akan tanda tangan MoU untuk revitalisasi Pasar Sederhana dan Astanaanyar dengan PT PP dan beberapa BUMN, Perumnas dan PT WIKA," ujar Andri usai menghadiri HUT PD Pasar Bermartabat ke-11 di Pasar Sarijadi, Kota Bandung, Rabu (5/11/2018).

Dia menjelaskan proses revitalisasi Pasar Sederhana akan difokuskan pada bangunan yang terbakar beberapa waktu lalu. Sedangkan untuk Pasar Astanaanyar akan dibuat bangunan baru di atas pasar lama.

Selain dua pasar tersebut, Andri menyebut dalam lima tahun ke depan revitalisasi akan dilakukan pada 11 pasar seperti Cijerah, Simpang Dago dan Kiaracondong.

"Dana untuk Pasar Cijerah insyaallah ada. Kemudian Simpang Dago mudah-mudahan bantuan dari gubernur turun, kemudian Kiaracondong. Kalau 11 di satu tahun tidak sanggup, tapi 5 tahun 11 pasar," katanya.

Untuk menunjang rencana tersebut, PD Pasar telah mengajukan tambahan modal sebesar Rp 262 miliar. pada pemerintah Namun pemerintah mengharapkan PD Pasar bisa mandiri. "Berarti saya harus memanfaatkan menjual kios-kios yang belum laku di Pasar Andir dan Pasar Baru. Kita jual untuk 25 tahun ke depan," ucap Andri.

Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap PD Pasar Bermartabat semakin matang dan dewasa dengan menghadirkan keadilan sebagai fondasi utama pembangunan. Sehingga harapan untuk melakukan revitalisasi bisa terwujud.

"Adil itu bisa terjadi ketika PD Pasar dalam pengelolaannya harus on the track dengan hukum positif dan norma-norma. Insyaallah kabeh ge (semua juga) bakal beres. Lamun ayeuna masih keneh kumuh pakewuh moal beres nepi ka kiamat ge (kalau sekarang masih saja kumuh tidak akan beres sampai kiamat)," ujar Oded.

Oded berharap aset pemerintah yang telah diamanahkan pada PD Pasar bisa dioptimalkan sebagai pendapatan. "Tapi juga dengan catatan, kembalikan semua pada aturan. Yakin insyaallah," ucap Oded.
(tro/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed