Lantik Bupati Kuningan dan Wali Kota Banjar, Ridwan Kamil Pesan 3 Hal

Mochamad Solehudin - detikNews
Selasa, 04 Des 2018 12:24 WIB
Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik secara resmi dua pasang kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2018. Kedua pasangan ini dilantik secara sederhana di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (4/12/2018).

Pelantikan para kepala daerah tersebut sesuai dengan surat keputusan Menteri Dalam Negeri tentang pemberhentian bupati-wakil bupati Kuningan dan wali kota -wakil wali kota Banjar periode 2013-2018, serta pengangkatan bupati-wakil bupati Kuningan dan wali kota-wali kota Kuningan periode 2018-2023.

Dua pasang kepala daerah yang dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati Kuningan Ace Puranama-Muhammad Ridho Suganda serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih-Nana Suryana. Kedua pasang kepala daerah ini merupakan para petahana yang berhasil kembali menjadi pemenang di Pilkada Serentak Juni 2018.

Upacara pelantikan sendiri digelar di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin langsung upacara pelantikan tersebut. Sejumlah tamu undangan mulai dari pejabat di lingkungan Pemkab Kuningan dan Pemkot Banjar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menitipkan beberapa hal kepada para kepala daerah yang baru dilantik. Dia meminta kepala daerah tersebut bisa menjaga integritas, melayani masyarakat sepenuh hati dan profesionalitas ditingkatkan.

"Saya selalu menitipkan tiga hal, satu untuk menjaga integritas dari level pimpinan sampai ASN, melayani masyarakat dengan sepenuh hati jadilah pemimpin yang turun tangan bukan tunjuk tangan, kita punya semangat agar pemimpin dan ASN menjadi lebih pintar, lebih cerdas," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Emil juga berjanji akan memberi perhatian untuk keberlangsungan pembangunan di dua daerah tersebut. Dia akan meningkatkan kualitas pariwisata khususnya di wilayah Kabupaten Kuningan.

Karena, Emil melihat, ada potensi yang besar dari sektor pariwisata yang bisa dimaksimalkan untuk mendorong roda perekonomian di Kabupaten Kuningan. Sementara untuk Kota Banjar karena terbatasnya sumber daya alam akan didorong untuk peningkatan pariwisata perkotaannya.

"Mudah-mudahan mereka jadi pemimpin yang berprestasi dan mendapatkan apresiasi warga," katanya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Ace Purnama menyatakan, akan meneruskan program pembangunan dan meningkatkannya dalam lima tahun ke depan. Dia ingin menjadikan Kabupaten Kuningan menjadi daerah yang maju sesuai dengan visi misinya."Tinggal kami menyempurnakan dan menambah inovasi-inovasi kami menuju dengan visi Kabupaten Kuningan yang makmur, agamis dan pinuju," ucapnya.

Di lokasi yang sama Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk memajukan Kota Banjar dalam lima tahun ke depan. "Kita jadikan kalau sekarang Banjar indah damai mandiri, ke depan kita jadikan Banjar berseri. Bersih pemerintahan, sejahtera masyarakatnya dan asri lingkungannya," ujarnya. (mso/ern)