Kisah Adul, Merangkak ke Sekolah dan Terkabul Jumpa Jokowi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 03 Des 2018 13:17 WIB
1.

Kisah Adul, Merangkak ke Sekolah dan Terkabul Jumpa Jokowi

Kisah Adul, Merangkak ke Sekolah dan Terkabul Jumpa Jokowi
Bocah difabel, Adul, tiap hari berangkat ke sekolah dengan cara merangkak menempuh perjalanan sejauh tiga kilometer. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Kegigihan Muklis Abdul Kholik alias Adul (9) untuk sekolah menginspirasi banyak orang. Siswa kelas 3 SDN 10 Cibadak Sukabumi tetap semangat menimba ilmu ke sekolah dengan cara merangkak. Jarak dari rumah ke sekolahnya sejauh tiga kilometer.

Keinginan bocah inspiratif asal Kampung Cikiwul, RT 01 RW 01 Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, itu bertemu Presiden Jokowi akhirnya terwujud.

Undangan live di sejumlah stasiun televisi nasional dia jalani setelah kisahnya viral di media sosial. Bagaimana perjalanan Adul hingga harapannya bertemu Jokowi terkabul?

Semangat Sekolah

Bocah penyandang disabilitas ini memiliki semangat luar biasa, di tengah keterbatasan fisiknya dia tetap berangkat ke sekolah meskipun dengan cara merangkak menempuh perjalanan sejauh 3 kilometer.


Anak asuh pasangan suami istri (pasutri) Dadan (50) dan Pipin (45) ini setiap hari harus melewati jalanan terjal dan jembatan bambu tanpa bantuan. Menurut keterangan Pipin, keputusan itu diminta sendiri oleh Adul karena tidak ingin merepotkan mereka.

"Pas PAUD kemudian masuk SD hanya sampai kelas 2 dia digendong sama ayahnya, ketika kelas 3 dia minta berangkat sendiri. Awalnya kami sempat khawatir dia dijahili teman-temannya, namun karena kami percaya dia bisa akhirnya keterusan sampai sekarang, kadang saya ikut nganter aja ngikutin di belakang," kata Pipin kepada awak media, Jumat (9/11/2018).